Desa Pintar di Wonosobo Digagas Lewat Drama Manajemen Pemerintahan

0
Ilustrasi

Wonosobo, Harian Jateng – Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, Kecamatan Kalikajar mengadakan “Gladi Manajemen Pemerintahan” di pendopo Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Rabu (2/3/2016).

Gladi tersebut diikuti langsung oleh Kepala Desa beserta perangkatnya dari 19 desa yang ada di Kecamatan Kalikajar. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada kelompok yang khusus memperagakan pelaksanaan penanganan bencana, ada desa yang memperagakan cara menyerahkan setoran pajak, ada juga yang dilatih cara mensosialisasikan E-KTP seumur hidup.

Turut hadir dalam simulasi manajemen tersebut, Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo, Asisten Pemerintahan, Aziz, Kabag Pemerintahan, Tri Antoro. Mereka menyaksikan langsung proses simulasi hingga akhir kegiatan. Bahkan, Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo juga diajak untuk melakukan draman manajemen pemerintahan desa.

Camat Kalikajar, Agus Fajar Wibowo mengatakan, gladi manajemen pemerintahan ini merupakan langkah untuk menjadikan pemerintahan didesa dengan cepat dalam melaksanakan proses-proses pemerintahan. Karena, dengan pelatihan manajemen pemerintahan ini, desa akan dengan mudah melaksanakan tugas ketika ada program yang dicanangkan oleh Kabupaten.

“Apabila ada insturksi program dari Bupati/Wakil Bupati maka bisa kita laksanakan dengan cepat. Sehingga, perlu bagi desa dilatih cara melakukan manajemen pemerintahan,” tuturnya.

Menurutnya, pelatihan ini juga merupakan rangkaian untuk memberikan pelatihan desa dalam rangka penerapan uu nomor 6 tahun 2014. Sehingga, desa bisa maksimal dalam mengelola dana desa.

“Kami juga melatih desa dalam merencanakan dan melaksanakan proses musrenbang,” jelasnya.

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo juga mengapresiasi agenda simulai manajemen pemerintahan. Karena, agenda ini memberikan pemahaman baru, bagaiman instansi pemerintahan bekerja.

“Ini ada hal yang sangat bagus, Kecamatan lain juga bisa melakukan hal yang sama. Supaya, desa itu memahami tentang pelayanan atau pelaksanaan kegiatan pemerintahan,” ungkap dia. (Red-HJ99/Jam).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here