Bank Jateng Beri Kredit Ringan untuk UMKM

1
Ilustrasi

Semarang, Harian Jateng  – Bank Jawa Tengah terus mendorong pertumbuhan Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) salah satunya dengan meluncurkan kredit maksimal Rp25 juta dengan suku bunga 7 persen per tahun.

Program yang diberi nama Kredit Mitra Jateng 25 tersebut diperuntukkan bagi para pengusaha mikro di Jateng yang sudah memiliki izin usaha dan minimal telah berjalan enam bulan.

Tidak hanya untuk para pengusaha yang sudah memiliki usaha, Bank Jateng juga telah meluncurkan program kredit maksimal Rp2 juta dengan bunga 2 persen yang diberi nama Kredit Mitra 02.

Kredit Mitra 02 diperuntukkan bagi mereka yang baru memulai bisnis atau usahanya dan kedua pinjaman tersebut sangat mudah untuk diperoleh karena tanpa agunan dan tanpa biaya administrasi.

Bank Jateng mengalokasikan dana sebanyak Rp350 miliar untuk Kredit Mitra 25 dan menyiapkan Rp50 miliar untuk Kredit Mitra 02. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi para UMKM yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Tidak hanya anggaran, Bank Jateng juga mempersiapkan para pendamping dari sejumlah instansi pemerintah antara lain Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan untuk mempermudah para UMKM serta menekan risiko yang mungkin dihadapi Bank Jateng.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno berharap dengan program pinjaman tersebut, dapat mendorong daya saing UMKM dan pertumbuhan perekonomian masyarakat di Jateng.

“Kami berharap program ini dapat mempercepat pengurangan keluarga prasejahtera. Dengan produk perbankan yang mudah, aman, nyaman, akses cepat, serta dengan suku bunga terendah akan memacu efisiensi dan mengurangi beban hutang masyarakat, sehingga pelaku usaha dapat tumbuh sebagai entitas bisnis yang potensial,” kata Supriyatno.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai dua program tersebut dapat membantu masyarakat lebih mandiri karena terdapat kemudahan mendapatkan akses modal dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebaik-baiknya.

Ganjar juga meminta Bank Jateng agar dapat mempercepat pencairan dana pinjaman Kredit Mitra 25 maupaun Kredit Mitra 02. “Hari ini pinjam, saat itu juga bisa langsung cair,” demikian Ganjar Pranowo. (Red-HJ99/Ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here