Dua Penambang di Klaten Tewas Tertimbun Pasir

0
Lokasi tewasnya dua penambang yang tertimbun pasir di Kali Woro, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten (26/4/2016).

Klaten, Harian Jateng – Dua penambang ditemukan tewas dan satu lainnya selamat akibat tertimbun pasir di lokasi penambangan Kali Woro Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Selasa (26/4/2016).

Berdasarkan informasi di lokasi kejadian, menyebutkan peristiwa longsornya tebing di Kali Woro Desa Sidorejo Klaten tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, dan dua korban tewas, yakni Sariyem (30) warga sidorejo dan Legiyem (34) warga Tangkil Kemalang Klaten.

Satu korban yang selamat dari musibah tanah longsor di sebuah tebing di Klai Woro tersebut, yakni Sunarso (42) warga Sidorejo Klaten. Korban selamat ini, berhasil menyelamatkan diri dari reruntuhan material, sedangkan dua lainnya tidak sempat.

Menurut Sunarso, sebelum kejadian dirinya sempat mendengar suara gemuruh dari tebing atas, dan tiba-tiba material tersebut longsor. Dirinya sempat lari menyelamatkan diri, dan hanya terkena dibagian kakinya saja, sedangkan dua temannya yakni Sariyem dan Legiyem tidak sempat menyelamatkan diri dan tertimbun material.

“Kedua temannya yang korban meninggal merupakan penambang tradisional. Kedua saat sedang menggali tanah tebing bersama warga lainnya, tiba-tiba terjadi longsor,” kata Sumarso.

Sudiman, penambang lainnya, mengatakan peristiwa longsornya tebing tersebut kejadiannya sangat cepat, dan material yang longsor tepat di atas kedua korban. “Meterial yang longsor di atas korban dan menimbun tubuhnya hingga meninggal di lokasi,” kata Sudiman.

Menurut dia, akibat kejadian tersebut warga setempat langsung memberikan pertolongan kepada korban menggali material dengan alat manual atau seadanya.

Dia mengungkapkan tubuh kedua korban berhasil diangkat dari reruntuhan sekitar dua jam setelah kejadian dan sudah dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Menurut dia, tebing setinggi sekitar 300 meter tersebut saat longsor terdiri material pasir dan bebatuan. Kedua korban yang meninggal akibat luka di bagian kepalanya.

Kejadian ini, langsung dilaporkan ke polisi untuk melakukan pemeriksaan di lokasi. Korban setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis Puskesmas setempat, langsung diserahkan kepada pihak keluarganya untuk dimakamkan.

Kepala Polsek Kemalang AKP Nurwadi mengatakan kedua korban yang meninggal berhasil dievakuasi, dan korban setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter Puskesmas Kemalang, kemudian diserahkan ke pihak keluarganya untuk dimakamkan.

Menurut Nurwadi kejadian tanah longsor yang menelan dua korban di lokasi penambangan di Kali Woro tersebut murni kecelakaan.

Kendati demikian, Kapolsek mengimbau warga terutama penambang yang melakukan aktifitas di lokasi penambangan agar berhati-hati dengan menjaga keselamatan jiwanya. Penambangan di sebuah tebing sangat beresiko dan rawan longsor. (Red-HJ99/Ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here