Lewat PASHMINA, PDNA Purworejo Ajak Generasi Muda Sehat dan Hebat

0

Purworejo, Harianjateng.com – Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Purworejo untuk kelima kalinya mengadakan kegiatan Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul ‘Aisyiyah (PASHMINA), tanggal 1 Mei 2016. Menjadi wadah bagi berkumpulnya para remaja dalam mengembangkan diri, bertukar pikiran tentang kesehatan fisik dan psikologi remaja adalah salah satu fungsi digerakkannya program PASHMINA ini.

Sebagai sebuah usaha yang proaktif dan edukatif, PASHMINA senantiasa bekerjasama dengan pihak-pihak yang konsen pada kualitas generasi muda sebagai penerus masa depan bangsa. “Jargon Remaja Sehat Generasi Hebat, bagi kami menjadi motivasi yang tinggi dalam berperan serta mewujudkan masa depan penerus bangsa yang berkualitas”, ungkap NasyiahAmbaryani, M.Pd selaku Ketua Bidang Keislaman PDNA Kabupaten Purworejo.

SD Muhammadiyah Purworejo, yang merupakan salah satu AUM Pendidikan di Purworejo yang mempunyai banyak prestasidi kancah kabupaten juga ikut serta mengambil peran dalam mengisi acara dan menampilkan hasil kreativitas atraksi drumband. Drumband SD Muhammadiyah Purworejo ini juga sebelumnya mendapat juara pertama dan menjadi yang terbaik pada beberapa kriteria dalam kejuaraan Lomba Drumband Muhammadiyah Expo dalam Semarak Musyawarah Daerah Maret lalu.

Acara dimulai pukul 06.00 bersamaan dengan car free day (CFD) di Alun – alun Purworejo. Antusiasme warga Purworejo sangat baik dalam mengapresiasi kegiatan ini. Terbukti hampir puluhan pengguna CFD terdaftar mengunjungi pos pemeriksaan, meski tidak seluruhnya usia remaja, karena banyak juga pengunjung yang berusia dewasa bahkan lanjut usia.

Beberapa pos yang lain seperti pos konsultasi gizi, psikologi, dan kesehatan reproduksi juga diminati pengunjung meski tidak sebanyak yang ada pada pos pemeriksaan. Untuk menambah pengetahuan, pada pos edukasi juga diberikan lembaran materi yang bernilai pendidikan dan kesehatan.

Mulai tahun ajaran baru 2017/2018 nanti, program PASHMINA juga akan diadakan di sekolah – sekolah yang merupakan AUM Pendidikan di Kabupaten Purworejo utamanya sekolah – sekolah dari tingkat SD – SMA/K. Dengan mengambil nama “PASHMINA Goes to School” harapannya partisipasi aktif dari para siswa/i yang notabene berusia remaja akan lebih terasa. Selain sebagai ajang konsultasi dan edukasi, PASHMINA juga dapat menjadi jalan dalam berlangsungnya proses perkaderan. (Red-HJ99).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here