HMI Badko Jateng DIY Laporkan Saut Situmorang ke Polda Jateng

13
Ratusan massa HMI Badko Jateng-DIY saat berunjuk rasa di Jalan Pahlawan Semarang, Rabu (11/5/2016).

Semarang, HARIANJATENNG.com – Dalam rangka menindaklanjuti pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam salah satu TV nasional tempo hari yang dinilai melecehkan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), banyak respon dan reaksi keras dari organisasi yang didirikan Lafran Pane tersebut.

Respon dari HMI se-Nusantara salah satunya adalah demonstrasi, salah satunya yang dilakukan HMI Badan Koordinasi Jateng-DIY yang terdiri atas HMI Cabang Semarang, HMI Cabang Salatiga, HMI Cabang Tegal, dan HMI Cabang Kebumen.

Pantauan di lapangan, aksi dimulai dari bundaran di depan patung Pangeran Diponegoro Jalan Pahlawan Semarang. Kemudian dilanjutkan ke kantor DPRD dan Gubernur Jateng dan berakhir di depan kantor Polda Jateng.

Dalam orasinya, Muhamamd Dias Saktiawan koordinator aksi mengatakan bahwa Saut Situmorang harus dipecat dari KPK. Dikatakan Dias, Saut tidak pantas menjabat sebagi komisioner KPK.

“Saut Situmorang harus di pecat dari KPK, Saut tengah menghina HMI sebagai organisasi pencetak korupsi. Maka dari itu saut harus di gantung dan di copot jabatannya dari KPK,” papar dia dalam orasi tersebut.

Sekitar 300 kader HMI se-Jawa Tengah tersebut, selain membawa poster dan baliho kecil, mereka juga sempat melakukan aksi teaterikan di depan Gedung DPRD Jateng dan kantor Gubernur Jateng.

Agenda yang dimulai pukul 09.00 Wib, Rabu (11/5/2016), dari gedung DPRD Jateng dan berlanjut sampai Polda Jateng untuk melaporkan Saut atas ucapanya kepada HMI tempo hari.

Selain itu Khusnul Imanuddin Ketua Umum HMI Badko Jateng-DIY mengatakan Saut Situmorang sebagai pejabat negara telah melakukan penodaan terhadap nama pribadi dan institusi KPK.

“Sebagai pejabat negara, Saut Situmorang telah menodai intregitasnya sendiri dengan melecehkan HMI di depan publik,” kata dia.

Dalam aksi tersebut, HMI berhasil menyerahkan laporannya kepada yang berwajib dengan menuntut Saut Situmorang harus dipecat dari KPK. (Red-HJ99/Foto: Sofan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here