Pra Operasi Patuh 2016, Polres Pemalang Gelar Pelatihan

0
Suasana latihan Pra Operasi

Pemalang, Harianjateng.com – Dalam rangka menyambut pelaksanaan Operasi Patuh 2016 yang akan dimulai tanggal 16 Mei 2016 sampai dengan 29 Mei 2016 secara serentak di seluruh indonesia, Polres Pemalang, Jawa Tengah menggelar Pelatihan Pra Operasi bagi anggota yang terlibat di dalamnya.

Pelatihan Pra Operasi  dipimpin langsung oleh  Wakapolres Pemalang Kompol Prawoko, S.E dengan dihadiri para Kasat, Perwira staf serta anggota yang terlibat Ops Patuh Candi 2016 sebanyak 57 personil.

Dalam Sambutanya,Wakapolres menyampaikan amanat dari Kakorlantas Polri Brigjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si menandaksan bahwa permasalahan di bidang lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang seiring dengan berkembangnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup sehingga permasalan semakin kompleks.

Oleh sebab itu Korlantas Polri berserta jajaran Ditlantas Polda telah menetapkan kalender Operasi Patuh yang rutin di laksanakan setiap menjelang hari raya Idul Fitri guna menjaga Kamseltibcar lantas dalam menyambut  bulan suci Ramadhan 1437 H/2016 M.

Kita menyadari bahwa didalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas tersebut, dibutuhkan peran serta Stake Holder untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, demikian pula koordinasi bersama instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam pembinaan keamanan, keselamatan,ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang saat ini masih dirasakan kurang optimal.

Hal itu berdampak terhadap  belum maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas khususnya prasarana jalan lokasi rawan kecelakaan (blackspot) kurang spesifik ditangani, seperti jembatan dan persimpangan serta ruas jalan.

Dalam setiap pelkasnaan Operasi terdapat perencanaan, sasaran, cara bertindak, dan tujuan sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal dalam setiap operasi adapun tujuan operasi.

Pertama,  terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar, pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan.

Kedua, meningkatnya ketertiban dan  kepatuhan serta displin masyarakat dalam berlalu lintas. Ketiga, terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.

Setelah menyampaikan amanat Kakorlantas Polri, Wakpolres berpesan agar anggota melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab. (Red-HJ99/AKP Lies)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here