Sambut Waisak 2016, Ribuan Polisi Jaga Borobudur

0
Suasana jalan menuju Candi Borobudur Magelang.

Magelang, Harian Jateng – Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyiapkan sebanyak 3.800 personel untuk pengamanan kegiatan Waisak 2016 di Candi Borobudur dan sekitarnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono di Magelang, Kamis (19/5/2016), mengatakan perayaan waisak secara nasional dipusatkan di Candi Borobudur, namun rangkaian Waisak juga dilaksanakan di Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Grobogan.

Di Kota Magelang dilaksanakan pindapata, kemudian di Kabupaten Temanggung dilakukan pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, dan di Kabupaten Grobogan dilakukan pengambilan api alam dari Mrapen.

“Total personel untuk pengamanan sekitar 3.800 orang, terdiri atas Brimob, Shabara, Dalmas, dan Satuan Lalu Lintas,” katanya usai menghadiri Bakti Sosial Pengobatan Gratis yang dilaksanakan oleh Walubi di pelataran candi Borobudur.

Ia mengatakan pengamanan antara lain untuk mengantisipasi ancaman teror bom sehingga melibatkan dari Densus dan Gegana.

“Banyaknya pengunjung di Candi Borobudur juga perlu dilakukan pengamanan supaya mereka nyaman dan tertib,” ucapnya.

Kapolres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan dari sejumlah personel pengamanan tersebut, Polres Magelang menyiapkan 1.504 personel.

Ia menuturkan dalam rangkaian perayaan Waisak Nasional 2016 ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada 19-22 Mei 2016. Dalam rangka pengamanan tersebut ada beberapa kegiatan tidak hanya di wilayah Kabupaten Magelang saja, namun juga ada di Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Grobogan.

Namun, tentunya dari Polda Jateng dan Polres Magelang sudah “ploting” personel terkait kegiatan tersebut.

Ia mengatakan di wilayah Kabupaten Magelang karena kegiatan lebih fokus di dua tempat, yakni di Candi Mendut dan Candi Borobudur maka didirikan dua posko pengamanan di sekitar dua wilayah tersebut. (Red-HJ99/Ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here