Tim Jateng Dipastikan Ikut Piala Menpora U-16

0
Ilustrasi

Semarang, Harianjateng.com – Sebanyak 96 tim sepak bola di Jawa Tengah ditargetkan bisa mengikuti Liga Pelajar U-16 Piala Menpora mulai 22 Juli hingga 28 Agustus 2016, kata Koordinator wilayah Provinsi Jawa Tengah, Daud Joko Ganafianto.

Daud Joko Ganafianto yang didampingi Panitia Pelaksana Darsiyo pada wartawan di Semarang, Rabu (15/6/2016), mengatakan jumlah sebanyak itu dengan asumsi bahwa masing-masing regional di Jawa Tengah masing-masing dikuti 16 tim dari klub, SSB, sekolah, maupun akademi sepak bola.

Menurut dia, di Jateng ada enam regional yaitu Semarang, Solo, Pati, Kedu, Banyumas, dan Pekalongan. Kalau masing-masing regional diikuti 16 tim maka jumlah tim yang tampil sebanyak 96 tim.

“Memang ketentuan dari panitia pusat masing-masing regional maksimal diikuti 16 tim dan minimal 12 tim tetapi kalau ternyata pendaftar lebih dari itu misalnya 20 tetap akan kita akomodasi,” ucapnya.

Dari masing-masing regional di Jawa Tengah tersebut, kata dia, hanya akan diambil dua tim terbaik yaitu juara dan “runner up” untuk diadu dengan tim-tim lain di regional lain. “Dari Jateng hanya akan diambil satu tim juara yang berhak mewakili provinsi melangkah ke tingkat nasional di Jakarta,” tuturnya.

Bagi tim yang maju ke tingkat nasional, kata dia, akan mendapat tiga tambahan pemain pilihan dari pusat yang diambilkan pemain terbaik dari tim-tim yang berlaga di wilayah Jateng.

“Tetapi itu bukan paksaan, artinya kalau tambahan itu akan dimanfaatkan silahkan tetapi kalau tidak dan tim itu tetap mengandalkan pemainnya juga tidak masalah,” tambahnya.

Ia mendapatkan, biaya pendaftaran masing-masing tim sebesar Rp1,5 juta sedangkan kalau lolos ke tingkat provinsi juga membayar biaya pendaftaran Rp1 juta, tetapi jika lolos ke tingkat nasional maka tim yang bersangkutan akan mendapat dana subsidi dari pusat.

“Kalau untuk tingkat Jateng memang tidak ada hadiah uang bagi pemenang tetapi kalau kita bisa mendapatkan sponsor maka diusahakan para juara mendapat hadiah uang,” imbuhnya.

Pendaftaran tim peserta Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016 akan dimulai 20 Juni hingga 3 Juli khusus untuk Jateng bisa dilakukan di Gedung Pers PWI Jawa Tengah di Mugas Semarang.

“Tetapi secara teknisnya masing-masing regional dibuka pendaftaran tersendiri atau semua dipusatkan di Semarang akan diputuskan dalam rapat panitia pada Sabtu (18/6/2016),” katanya. (Red-HJ99/Ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here