Ganjar Pranowo Desak Kejati Jateng Gelar Operasi Tangkap Tangan

0
Ganjar Pranowo (kanan).

Semarang, Harianjateng.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap jajaran Kejaksaan Tinggi setempat melakukan tindakan tegas berupa operasi tangkap tangan (OTT) terhadap para pelaku tindak pidana korupsi.

“Mimpi saya, kejaksaan (Kejati Jateng) itu sekali-kali OTT, jadi tidak hanya KPK saja yang OTT,” katanya di Semarang, Rabu (20/7/2016).

Menurut Ganjar, tindakan OTT pada pelaku korupsi oleh jajaran Kejati Jateng itu merupakan salah satu bentuk penegakan hukum dengan cara represif.

Orang nomor satu di Jateng itu menilai tindak korupsi yang terjadi saat ini sudah parah sehingga perlu ada tindakan tegas dari semua aparat penegak hukum.

“(Tindakan OTT pelaku korupsi) akan mengangkat citra (kejaksaan) yang luar biasa,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Kendati demikian, Ganjar mengapresiasi Kejati Jateng yang telah melakukan upaya pencegahan korupsi dan kesalahan pengelolaan keuangan negara berupa pendampingan pemerintah daerah agar kebijakan yang diambil tidak menyalahi ketentuan hukum.

“Hal ini harus didukung oleh penyelenggara pemerintahan, kalau tidak ya ‘sami mawon’ (sama saja), jadi kalau ada tawaran perubahan paradigma penegakan hukum dari kejaksaan, dari kita ya harus berubah dan pengelolaan keuangannya harus transparan,” katanya.

Ganjar juga memperingatkan jajarannya di lingkungan Pemprov Jateng dan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Jateng untuk tidak melakukan penyalahgunaan wewenang atau tindak pidana korupsi termasuk menghilangkan tradisi setoran pada pimpinan masing-masing ketika akan naik jabatan. (Red-HJ99/Ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here