PAD Jateng Dipangkas Jadi Rp 12,7 Triliun

0
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-66 Provinsi Jateng yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Senin (15/8/2016).

Semarang, Harianjateng.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memangkas target pendapatan asli daerah sebesar Rp1,1 triliun dari Rp13,8 triliun menjadi Rp12,7 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016.

“Target PAD kita turun sekitar Rp1,1 triliun,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-66 Provinsi Jateng yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Senin (15/8/2016).

Menurut Ganjar, Pemprov Jateng terpaksa merevisi target PAD karena pada triwulan kedua 2016 jumlah pendapatan masih jauh dari target yakni baru sekitar Rp5,5 triliun.

“Kalau tidak direvisi, pilihannya mengurangi program atau berutang (untuk mencukupi semua kegiatan),” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Terkait dengan penurunan target PAD, Ganjar memastikan bahwa tidak akan ada penambahan anggaran bagi satuan kerja perangkat daerah pada 2016.

“Jangan berharap ada penambahan anggaran di 2016,” kata mantan anggota DPR itu.

Dalam penyusunan APBD Jawa Tengah 2017, Ganjar meminta semua SKPD untuk menghitung dengan teliti dan cermat agar semua target pendapatan bisa tercapai.

“Ini yang coba akan kita selesaikan dalam politik anggaran perubahan, pada (penyusunan) anggaran tahun depan saya minta semua untuk menghitung betul berdasarkan data statistik dan proyeksi yang secara ilmu ekonomi bisa diukur, bukan hanya asumsi,” ujarnya. (Red-HJ99/ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here