MI – MTs Hidayatusshibyan Karangasem Tanamkan Spirit Mbah Hasyim dan Bung Karno

9
Suasana upacara HUT RI MI-MTs Hidayatusshibyan Karangasem, Rembang.

Rembang, Harianjateng.com – Ratusan siswa yang terhimpun dalam Yayasan Hidayatus Shibyan, Karangasem, Sedan, Kabupaten Rembang melaksanakan upacara bendera yang sekaligus menjadi peringatan HUT kemerdekaan  RI ke-71, Rabu, (17/8/2016). Menariknya, upacara yang diselenggarakan yayasan tersebut diikuti oleh semua siswa, tak terkecuali anak usia dini.

Meski belum berdiri lama, prosesi upacara yang diselenggarakan oleh Yayasan Hidayatus Shibyan ini berlangsung sangat antusias.

“Ini dimaksudkan untuk menanamkan karakter nasionalis yang bernuansa santri. Sebab panutan kami adalah Mbah Hasyim As’ari dan Bung Karno,” kata Gus Tofa, juru bicara Kepala Madrasah Ibtida’iyah (MI) Hidayatus Shibyan kepada Harian Jateng.

Sesuai tema yang diusung, NKRI Hargamati, begitupun Ngaji: Sinergis antara ‘Ulama’ dan ‘Umara’, Pembina upacara, Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Hidayatus Shibyan, Ustadz Muhdi menyerukan kepada semua siswa agar jangan sampai berhenti ngaji dan tetap berpegang teguh pada Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinieka Tunggal Ika.

“Sebagai Warga Negara Indonesia yang cinta terhadap Tanah Air, kita harus meneladani dan menerapkan sprit kemerdekaan yang dicontohan oleh para pahlawan. Seperti Mbah Hasyim yang dan Bung Karno. Maka, kita tidak boleh berhenti ngaji dan tetap berpegang pada Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinieka Tunggal Ika,” ujarnya.

Meski tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak ikut dalam agenda upacara, namun secara keseluruhan kesadaran mereka patut diacungi jempol. Semua sangat berantusias dalam menyambut hari sakral ini. Tak terkecuali para orang tua yang mendampingi balitanya.  (Red-HJ99/ Musyafa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here