TMMD Kodim Cilacap, Bidan Desa Pitulasi Punya Aspirasi

0
55
Bidan Desa Pitulasi, Cilacap.

Cilacap, Harianjateng.com –  Saat pelaksanaan Pra TMMD Reguler ke-97 Kodim Cilacap sudah digeber, saat ini muncul sejumlah aspirasi dari sejumlah tokoh, warga Dukuh Pitulasi, Desa mekarsari, Kecamatan Cipari,  Silacap, Jawa Tengah.

Salah satu aspirasi itu, diantaranya muncul dari  salah seorang   Bidan Desa yang bertugas di Dusun Pitulasi, Desa Mekarasri,  Sri Juwita, A.Md.Keb.  Menurutnya, saat ini di Desa Mekarsari,   ada dua (2) Poliklinik Kesehatan Desa (PKD),     salah satunya  ada di Dusun Pitulasi.

Dijelaskan,  untuk kasus kesehatan khususnya Dusun Pitulasi tidak terlalu tinggi. Diantaranya,  kasus kematian ibu melahirkan tidak ada, HIV nihil.  ‘’Kecuali  hanya ada satu kasus kesehatan yang menonjol di Dukuh Pitulasi, yakni  kasus  Gizi buruk,” ungkap Sri Juwita.

Sementara itu, lanjutnya,   kegiatan Posyandu masih bertempat di rumah warga.  Mengenai,   faktor yang mempengaruhi tingkat kesadaran warga tentang kesehatanrendah,   selain faktor ekonomi juga karena minimnya sarana penyehatan lingkungan. Terasuk  kebiasaan buruk warga yang suka BAB di sungai atau di kolam,  ‘’ karena kurangnya warga yang memiliki jamban juga menajdi penyebab.’’

Untuk itu, Sri Juwita  berharap   program TMMD Kodim Cilacap nantinya, diagendakan  ada penyuluhan bidang  kesehatan. Hal itu dikarenakan   tingkat kesadaran masyarakat Desa Mekarsari tentang arti pentingnya kesehatan hingga saat ini  masih sangat  kurang. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here