Kantibmas Mojo Kendal Lestarikan Langgam Jawa

0
61
Suasana Kamtibmas saat melestarikan langgam Jawa.

Kendal, Harianjateng.com – Kantibmas beserta masyarakat Desa Mojo, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal terus menerus nguri – nguri budaya jawa.Hal itu bisa dilihat dari antusias Satuan Kantibmas dan warga, yang mana kegiatan rutinan Kantibmas bersinar di dakan setiap 2 minggu sekali.

Kantipmas bersinar merupakan group yang dibentuk oleh satuan kantibmas beserta warga masyarakat Desa Mojo untuk nguri – nguri dan melestarikan budaya Jawa, dan menumbuh kembangkan budaya -budaya jawa yang hampil hilang, dengan menyanyikan lagu atau tembang campursari yang di iringi dengan musik tradisional atau gamelan, yang sudah jarang di nyanyikan oleh masyarakat di desa sekitarnya.

Kegiatan rutinan yang sudah dilakukan selama 2 tahun semenjak di dibentuknya Kantipmas bersinar, itu digiatkan oleh warga masyarakat dan 28 Satuan Kantibmas Desa Mojo.

Selain untuk melestarikan budaya jawa, kegiatan ini juga bertujuan untuk menguatkan aggota kantibmas dan mempererat tali persaudaraan antar warga, agar lebih tertib dalam menjaga keamanan dan kenyamanan desa, Itu disampaikan oleh Purwadi (53) komandan Linmas Desa Mojo.kepada wartawan harianjateng.com pada jumat malam tanggal (9/09/2016), usai kegiatan rutinan.

Nasikin (53) selaku kades desa mojo juga menyampaikan semenjak dibentuknya kantibmas bersinar ini linmas beserta masyarakat desa mojo lebih semangat mengadakan kegiatan kegiatan sosial, setiap Jumat Kliwon pagi mengadakan gladi bersih. Pastinya desa lebih kondusiv, bersih dan nyaman”, ujarnya.

Nisikin juga berharap, semoga kegiatan ini akan tetap ada sampai kapapun, shukur – shukur dengan berjalanya waktu setiap desa yang ada di kabupaten kendal akan lebih antusias melestarikan budaya. dengan adanya kegiatan ini kita tidak akan lupa akan budaya. Khususnya budaya jawa. Semoga Kabupaten Kendal kedepan juga terkenal kearifan lokal budayanya. Setiap melakukan rutinan kegiatan ini di bimbing oleh Bapak Suparno, sesepuh juga seniman asli Jawa Desa mojo, baik dalam pengolahan musik maupun pengolahan lagunya. (Red-HJ99/Herisusanto).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here