Jokowi Beli Sapi Kurban Terbesar dari Boyolali Seberat 1,2 Ton

0
413
Seorang warga memegang sapi berbobot 1,2 ton milik peternak Mojokerto, Kabupaten Boyolali, yang dibeli Presiden Joko Widodo sebagai sapi kurban untuk Masjid Agung Kota Solo, (9/9/2016). 

Boyolali, Harianjateng.com – Seorang peternak asal Dukuh Ngacan Desa Sonokerto, Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tidak mengetahui jika sapi jenis jawa super terbesar miliknya yang dijual untuk kurban di Solo, ternyata dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya tidak tahu jika sapi saya dengan berat 1,2 ton ini, yang rencana untuk hewan kurban ternyata pembelinya utusan dari Bapak Presiden Jokowi,” kata Bagong (47) warga RT 4 RW 5 Dukuh Ngacan, Sobokerto Boyolali, Jumat.

Menurut Bagong sapi ternaknya tersebut berusia sekitar empat tahun dengan berat hidup 1,2 ton jarang ditemui di Kota Solo.

Menurut dia, ternak sapi jenis jawa biasannya memiliki berat sekitar 800 kg ke bawah, tetapi sapinya ini, beratnya hingga lebih dari satu ton sangat luar biasa.

“Saya tidak tahu, ada seseorang yang menemui saya untuk mencarikan sapi yang beratnya di atas 850 kg untuk kurban. Saya kemudian memperlihatkan sapi yang punya berat 1,2 ton dan mereka membelinya,” kata Bagong.

Bagong mengaku kaget saat mengetahui orang yang membeli tersebut ternyata utusan dari Presiden Jokowi untuk dibagikan kepada masyarakat Solo saat kurban.

“Saya sempat kaget karena sapi dibeli oleh Pak Jokowi,” kata Bagong.

Warsinem (45) istri Bagong mengatakan, sapi tersebut sudah sekitar 1,5 tahun mereka pelihara. Sapi itu, dibeli dari daerah Prambanan Klaten, dengan harga Rp33 juta saat itu.

“Saya sudah memelihara selama 1,5 tahun dengan memberikan makanan seperti ternak lainnya yaitu singkong, rumput gajah dan jerami setiap hari. Sapi ini, sekarang gemuk dan laku dengan harga Rp70 juta,” kata Warsinem dengan senang hati.

Bahkan, Warsinem merasa bangga sapi peliharaannya dibeli oleh Presiden untuk kurban.

“Saya tidak tahu, sapinya ternyata yang beli Bapak Jokowi,” kata Warsinem.

Menurut dia, sapi tersebut sudah dibayar dan rencana akan diambil di rumahnya, pada Minggu (11/9), untuk kurban melalui Masjid Agung Solo.

Joko Loreng salah satu relawan Jokowi, membenarkan bahwa sapi tersebut dibeli oleh Presiden Jokowi dan akan dibagikan ke masyarakat Solo, melalui Masjid Agung saat Idul Adha mendatang.

“Kami diminta untuk mencarikan ternak sapi untuk kurban dari utusan Pak Jokowi, yang beratnya di atas 850 kilogram. Namun, Kami menemukan sapi seberat 1,2 ton ini, milik warga Desa Sobokerto Boyolali,” kata Joko Loreng anggota relawan Semut Ireng.

Menurut dia, sangat jarang sapi jenis jawa yang memiliki berat hingga 1,2 ton ini, dan diduga hewan ternak paling besar untuk kurban di Kota Solo.

Tumar salah satu pedagang sapi di Boyolali, mengatakan, harga sapi untuk kurban di Boyolali, saat ini, berkisar antara Rp27 juta per ekor hingga Rp30 juta per ekor tergantung ukurannya.

“Sapi jenis jawa super seberat 1,2 ton itu, luar biasa dan jarang ditemukan. Jika jenis luar negeri banyak, tetapi yang jawa jarang sekali,” kata Tumar. (Red-HJ99/ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here