Dukung Nelayan, Bung Ramson Beri Mesin Kapal Ikan di Mojo

0
117
Bung Ramson secara simbolis memberikan mesin kapal kepada nelayan Mojo, Pemalang, Jawa Tengah.

Pemalang, Harianjateng.com – Sekitar 48 unit converter kit Kapal BBG diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI dari Dapil X, Ramson Siagian kepada nelayan Desa Mojo, saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/9/2016).

“Dengan mesin ini, cost energi lebih rendah, kecepatan kapal juga lebih cepat, sehingga diharapkan bisa menambah kesejahteraan rakyat dan pendapatan nelayan” katanya.

Dikatakan juga olehnya bantuan converter kit ini diberikan kepada nelayan kecil yang memiliki perahu yang kapasitasnya maksimal 5 Gross Tonnage (GT). Mesin konverter tersebut, saat ini baru sebatas merubah bahan bakar solar atau premium ke bahan bakar gas.

“Saya berharap tahun 2017banyak nelayan yang menggunakan mesin konverter seperti ini, saya sudah berkoordinasi dengan kepala daerah Pemalang maupun Pekalongan, agar segera mendata nelayan yang memiliki perahu atau kapal yang mesinnya di bawah 5 GT, agar segera mendapatkan bantuan alat ini” pungkasnya.

Program konversi BBM ke BBG mulai dinikmati nelayan di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, melalui program converter kit atau mesin kapal konverter BBM ke BBG yang merupakan program pemerintah melalui kementerian ESDM.

“Dengan menggunakan mesin kapal BBG ini kami harap para nelayan bertambah penghasilannya yang secara otomatis akan meningkatkan kesejahteraan para nelayan, dengan menggunakan mesin kapal BBG juga ada beberapa keuntungan yang didapat para nelayan diantaranya hemat bahan bakar 50%, daya dorongnya yang sangat kuat, ketersediaan LPG 3kg dikarenakan sudah dibangun di Stasiun BBG di TPI Desa Mojo sehingga bahan bakarnya lebih mudah didapat, bila dibandingkan dengan solar dan yang lebih penting adalah ramah lingkungan,” ujar Amin salah satu nelayan. (Red-HJ99/JL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here