Senam Diabetes, Solusi Atasi Penyakit Gula

0
62

Jepara, Harianjateng.com – Suasana gembira bercampur senang yang sangat berbeda dihari kamis di halaman balai desa Mindahan Kidul dengan adanya puluhan warga tua hingga muda melakukan senam diabetes bersama anggota TNI yang sedang melaksanakan TMMD Reguler ke 97.
Kegiatan rutin tersebut dipandu oleh anggota TNI dan seorang instruktur wanita.

“Dengan melaksanakan senam Diabet diiringi lagu khusus yang telah dipadukan dengan gerakan – gerakan  yang khusus pula hal ini kami laksanakan sebulan antara 4-5 kali,” terang Fitri sang instruktur, Kamis (22/9/2016).

Fitri mengatakan, kegiatan senam ini tujuannya sebagai bentuk pencegahan diabetes, karena banyak makanan yang dikonsumsi hanya mementingkan kelezatan semata, tidak jarang makanan yang kurang mengedepankan gizi yang terkandung di dalamnya justru sangat membahayakan tubuh.

“Untuk mencegah penyakit diabetes, salah satu penyeimbangnya adalah dengan berolahraga yang teratur. Olahraga yang dijalani tentunya sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Jika ternyata berpotensi terkena diabetes, olahraga terbaik adalah senam diabetes”, terang Fitri.

Selain itu, senam diabetes ialah mengurangi gula darah kotor dan kelebihan karbohidrat dalam tubuh, gerakannya pun terbilang ringan cepat. Namun,  pada gerakan inti dibutuhkan kecepatan sangat diutamakan untuk membakar sisa kalori dan tenaga dalam tubuh, terangnya.

“ Saya selalu hadir dan rutin mengikuti senam diabet ini meskipun sudah tua saya kepingin selalu sehat dan panjang umur,” terang Ibu Munawaroh. Sebelum melakukan senam diabet bersama,  warga masyarakat ditimbang dan ditensi terlebih dahulu dan kemudian dipersilahkan untuk memeriksa kadar gula darah yang telah dipersiapkan oleh pihak Puskesmas Batealit, Jepara, Jateng. (Red-HJ99/Pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here