Gula Semut Jadi Potensi Ekonomi Cilacap

1
Masyarakat Mekarsari saat digemleng pelatihan gulat semut.

Cilacap, Harianjateng.com – Desa Mekarsari adalah terkenal dengan banyaknya pohon kelapa. Yang dibudidaya tersebar sepanjang tanah ditiap-tiap Dusun. Mereka tumbuh di lahan perkebunan dipetakan ke dalam beberapa skema pengembangan seperti, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Desa, dan Hutan Kemasyakatan. Senin (26/9/2016).

 

Pelatihan gula semut di buka oleh Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh UPT Kepala bidang PSKP Agus Priharso, S. Hut. MP. “Sayangnya potensi Gula merah yang besar ini belum tergarap maksimal untuk mensejahterakan masyarakat sekitar. Hal seperti ini yang salah satunya melatar belakangi kerja , dalam program TMMD Ke-97 ini telah dilakukan pendampingan dan pelatihan.

 

 

 

Kabupaten Cilacap dalam penguatan ekonomi rakyat pada¬† kelompok usaha kehutanan, dimana tahun 2016 ini masuk ke pendampingan kelompok petani gula kelapa. Program ini dirancang dalam memberi nilai tambah dari gula kelapa cetak menjadi gula semut. Dalam hal Pelatihan Gula Semut di Desa Mekarsari ini diperuntukan bagi kelompok tani ataupun masyarakat penderes,pemanfaatan produksi gula dalam kawasan Hutan Kemasyarakatan.”ujar Agus Priharso, S. Hut. MP. UPT Bidang PSKP Cipari. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here