Uniknya Malam 1 Suro di Bringin Batealit

0
Suasana malam 1 Suro di Bringin, Batealit, Jepara.

Jepara, Harianjateng.com –  Satu suro sebenarnya merupakan saat ketika masyarakat Jawa merayakan tahun baru. Dalam Islam, ini dikenal dengan tanggal satu Muharam. Berbeda dengan kebiasaan masyarakat modern, saat malam 1 Suro tiba, orang Jawa tidak menyambutnya dengan kemeriahan, melainkan dengan berbagai ritual sebagai bentuk introspeksi diri.

 

 

Saat malam 1 Suro tiba, masyarakat Jawa umumnya melakukan ritual tirakatan, lek-lekan (tidak tidur semalam suntuk), dan tuguran (merenung sambil berdoa). Tidak terlepas warga bringin rt 10 rw 03 melaksanakan slamatan di lapangan bulu tangkis bersama bapak bapak tentara TMMD REG  pada 1 Oktober 2016.

 

Warga dan Satgas  TMMD REG berdoa dan  makan bersama sambil melepas  lelah mereka setalah seharian mereka bekerja. “Semoga dalam doa dan tirakataannya desa mereka diberi berkah serta bapak TNI yang membantu dalam pembangunan melalui kegiatan TMMD diberikan kekuatan dan kesehatan.” tutur Subur Bin Sabar selaku Ketua Rt 10 Bringin, Jepara. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here