Enam Pasar Tradisional Kudus Dipercantik Lagi

0
Ilustrasi: Suasana orang belanja di Pasar Kliwon, Kudus.

Kudus, Harianjateng.com – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memperbaiki enam pasar tradisional yang ditargetkan selesai pada akhir Desember 2016.

Anggaran perbaikan melalui APBD Perubahan 2016, kata Kepala Dinas Perdagangan Pasar dan Pengelolaan Pasar Sudiharti di Kudus, Selasa (4/10/2016).

Keenam pasar tradisional itu adalah Pasar Wergu, Kalirejo, Wates, Besito, Piji dan Jekulo.

Khusus untuk Pasar Wergu, kata dia, merupakan bangunan baru karena sebelumnya menempati lahan milik PT Kereta Api Indonesia yang ada di Desa Wergu, Kecamatan Kota, Kudus.

Besarnya anggaran untuk perbaikan maupun pembangunan, kata dia, bervariasi karena masing-masing pasar memiliki ukuran luas yang berbeda-beda.

Adapun total anggaran untuk revitalisasi keenam pasar tersebut, kata dia, mencapai Rp144 miliar.

Dari anggaran sebesar itu, kata dia, sebesar Rp105 miliar merupakan APBD Kudus, sedangkan sisanya merupakan Bantuan Gubernur Jateng.

Pasar yang didanai Bantuan Gubernur Jateng, kata dia, di antaranya Pasar Wergu, Kalirejo, Piji dan Jekulo.

Anggaran untuk pembangunan Pasar Wergu Kudus mencapai Rp22,7 miliar yang merupakan bantuan gubernur sebesar Rp14,2 miliar dan APBD Kudus sebesar Rp8,5 miliar.

“Untuk saat ini, semua pasar tradisional di Kudus kondisi bangunan cukup memadai. Kalaupun ada perbaikan hanya untuk sarana dan prasarana penunjang,” ujarnya.

Kalaupun masih ada sarana dan prasarana yang belum tersedia atau diperbaiki, kata dia, akan diusulkan kembali pada APBD 2017.

Upaya lain yang sedang digalakkan dalam menarik minat masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional, yakni mencegah pengamen dan pengemis masuk ke kawasan pasar.

Permasalahan tersebut, kata dia, tidak hanya dikeluhkan pembeli, karena para pedagang juga mengeluhkannya karena jumlah pengamen maupun pengemis dalam sehari cukup banyak.

“Petugas pasar akan kami maksimalkan untuk mengawasinya, sehingga nantinya pedagang maupun pengunjung lebih nyaman dalam berbelanja,” ujarnya. (Red-HJ99/ant).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here