PKK Ringinarum Kendal Sulap Botol Bekas Jadi Benda Mahal

0
Ibu-ibu PKK Desa Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah saat foto bersama.

Ringinarum, Harianjateng.com – Sejumlah Ibu-ibu PKK Desa Ringinarum, Kendal, Jawa Tengah mampu mengubah botol bekas menjadi benda bernilai. Mereka melakukan acara rutinan yang diisi dengan kegiatan positif dan kreatif seperti pelatihan para anggota untuk memanfaatkan bungkus dan botol plastik bekas menjadi barang bernilai.

 

 

Acara rutinan ini diadakan pada setiap hari Minggu pahing bertempat di Balai Desa Ringinarum, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal. Bungkus plastik dan botol sampah yang biasanya dibuang begitu saja, oleh para ibu-ibu PKK bisa dimanfaatkan dan didaur ulang menjadi barang-barang kerajinan yang bernilai seperti dompet, tas belanja, tempat tisu, taplak meja, tempat botol minuman, bunga, serta barang-barang rumah tangga lainnya.

 

Ibu Siti Aminah yang merupakan ketua tim penggerak PKK menyampaikan bahwa anggotanya terdiri dari 130 orang. Dalam setiap pertemuan rutinan, para ibu-ibu dilatih membuat kerajinan berbahan dasar dari plastik bekas seperti botol minuman bekas, bungkus kopi, susu, dan softener/pewangi. “Perwakilan pengurus PKK sebelumnya telah menjalani pelatihan yang diadakan oleh Dinas Sosial yang bertempat di Kecamatan Weleri. Adapun kecamatan yang ikut serta dalam pelatihan tersebut adalah dari Kecamatan Weleri, Ringinarum, dan Pegandon,”ujar Siti Aminah saat diwawancarai wartawan Harianjateng.com, usai kegiatan rutinan pada hari Minggu (09/10/2016).

 

“Proses pembuatan kerajinan sangat sederhana tetapi juga memerlukan ketelitian dan keuletan sehingga dapat menghasilkan barang yang berkualitas dan memiliki nilai jual. Bungkus plastik dan botol plastik bekas harus dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dilipat dan dianyam menjadi suatu bentuk kerajinan,”tambahnya.

 

Tuti Khuzaimah RT.2/ RW.2 selaku anggota PKK Ringinarum mengatakan, “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini karena bisa memperoleh pengetahuan meningkatkan ketrampilan, pengalaman dan juga menambah penghasilan tambahan dari hasil penjualan tersebut.”

 

Harga barang hasil kerajinan tersebut berkisar antara Rp. 40.000,- sampai dengan Rp. 100.000,- keatas tergantung besar kecilnya pesanan barang. (Red-HJ99/Heri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here