Rumah Pompa Jadikan Air Sungai Kawung Cilacap Mengalir Lancar

8

Cilacap, Harianjateng.com –   Dengan dibangunnya rumah pompa di Dusun Pitulasi oleh Satgas TMMD Reguler Kodim Cialcap dan warga, sebuah harapan baru bagi warga setempata, yakni air dari sungai Kawung yang melintas di desa itu akan  mengalir lancar ke sawah-sawah penduduk.

 

Menurut Danramil Sidareja, Kapten Inf. Tasino,  di rumah poma itu nantinya akan diletakan sebuah mesn diesel  berkekuatan besasr  untuk menyedot air dari sungai  Kawung. Selanjutnya air dari sungai Kawung itu akan masuk ke saluran irigasi yang saat ini juga tengah dibangun  melalui kegiatan TMMD.

 

‘’Harapannya aliran sungai Kawung itu nantinya akan mengocori sawah-sawah warga di Dusun Pitulasi, Desa Mekarsari dan sekitarnya.  Dengan demikian produksi pertanian di desa setempat bisa meningkat,’’  tandas Danramil  Tasino.

 

Triman, salah seorang warga Dusun  Pitulasi mengungkapkan, selama ini sawah yang ada di Pitulasi merupakan sawah tadah hujan.   Keberadaan air dari sungai Pitulasi tidak bisa dimanfaatkan, menyusul tidak ada mesin diesel dan saluran irigasi.  ‘’Mudah-mudahan  dengan adanya TMMD Kodim Cilacap di desa kami benar-benar meningkatkan kesejahteraan  warga sini,’’ harap Triman yang diamini oleh sejumlah warga Pitulasi lainnya.  (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here