DPW PSI Jateng Bidik Anak Muda Berpolitik

1
Taufiq Nugroho Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PSI Jawa Tengah saat konferensi pers di Semarang pada Sabtu siang (08/09/2016).

Semarang, Harianjateng.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Tengah membidik anak-anak muda untuk berpolitik. Hal itu dikatakan Taufiq Nugroho Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PSI Jawa Tengah saat konferensi pers di Semarang pada Sabtu siang (08/09/2016).

 

Seperti diketahui, Kementrian Hukum dan HAM RI melalui bapak Menteri secara resmi mengumumkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dinyatakan lolos verifikasi administrasi maupun faktual untuk memperoleh status badan hukum partai politik di Indonesia pada hari Jumat, 7 Oktober 2016.

 

Sesuai ketentuan pasal 3 Undang – undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik dinyatakan bahwa untuk memperoleh status badan hukum partai politik harus menaftarkan ke Kementrian Hukum dan HAM. Pelaksanaan partai politik tahun 2016 meliputi, penelitian dan verifikasi kelengkapan dan kebenaran persyaratan, dan paling lama 45 hari sejak diterimanya dokumen persyaratan secara lengkap.

 

 

Syarat untuk menjadi badan hukum sesuai dengan ketentuan Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik, diantaranya mempunyai kepengurusan pada setiap Provinsi yang besangkutan, dan paling sedikit 50% dari jumlah kecamatan pada Kabupaten / Kota yang besangkutan.

 

 

Selanjutnya, tim verifikasi partai politik tahun 2016 terdiri dari Kementrian Hukum dan HAM, Kementrian Dalam Negeri ( Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum), Kesbangpol Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta tim teknis lainya. Tim melakukan verifikasi administrasi dan faktual selama selama 45 Hari Kerja.

 

 

Untuk verifikasi Tahap I (administrasi), dilaksanakan tanggal 1-15 Agustus 2016 dengan menerima dan meneliti persyarat yang dilampirkan secara administrasi dan subtansi, seperti surat keterangan Kesbangpol Provinsi, Kabupaten/ Kota, kecamatan, surat keterangan domisili, surat domisili partai yang disertai bukti sah status kantor partai tingkat pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Surat pernyataan sebagai pengurus partai politik disertai fotokopi KTP. Kemudian dilanjutkan dengan Verifikasi tahap II ( Faktual) dilaksanakan tanggal 18 Agustus sampai dengan 23 September 2016.

 

 

Dari partai politik yang di verifikasi Kemenkumham, hanya satu partai politik yaitu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memenui syarat dan ketentuan Undang – undang Nomor 2 Tahun 2011tentang partai politik dan peraturan Menteri Hukum dan HAM No 37 Tahun 2015 tentang tata cara pendaftaran pendirian bandan hukum, AD/ART, serta pergantian kepengurusan partai politik.

 

 

“Di Jawa Tengah , PSI sudah terbentuk di 28 Kabupaten/Kota, lengkap dengan pengurus DPD ditingkat Kabupaten/Kota sampai level DPC ditingkat kecamatan. Semua pengurus PSI Jawa Tengah sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan partai yaitu, usia maksimal 45 tahun dan belum pernah aktif sebagai pengurus di partai politik sebelumnya” papar Taufiq.

 

Sementara itu, Agus (28), pengurus DPD PSI Kabupaten Kendal juga menambahkan “Bahwa kami anak2 muda menyambut dengan rasa syukur dan senang dengan lolosnya PSI pada verifikasi Kemenkumham. Jajaran PSI baik tingkatan DPD maupun DPC diisi oleh pemuda dan belom pernah terjun di dunia politik.

 

 

“Kami juga optimis bahwa kendal siap lolos hadapi verifikasi KPU biar jadi peserta pemilu 2019. Dengan ini kami siap untuk memberikan kontribusi lebih baik untuk bangsa dan negara ini”, tambah Agus. (Red-HJ99/Heri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here