Pilkada Banjarnegara 2017, KPU Bidik Pemilih Perempuan

2
Suasana Pendidikan Pemilih bagi Kelompok Perempuan yang digelar KPU Banjarnegara.

Banjarnegara, Harianjateng.com – Menjelang Pilkada Banjarnegara 2017 mendatang, KPU Kabupaten Banjarnegara bekerjasama dengan LSM Kembang Emas menyelenggarakan Pendidikan Pemilih bagi Kelompok Perempuan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 September 2016 lalu bertempat di R.M. Ethnic 2 Banjarnegara. Pendidikan Pemilih yang mengambil tema ” Menuju Perempuan Cerdas dan Berdemokrasi ” tersebut dihadiri oleh peserta dari kalangan Kelompok Perempuan.

 

 

 

Hadir di antaranya perwakilan Muslimat NU, Fatayat, Aisyiyah, Wanita Syarikta Islam, aKoalisi Perempuan Indonesia, Women Crisis Center Wanita Katolik Indonesia Cabang Banjarnegara, Bhyangkari, Persit Chandra Kirana, Dharma Wanita Persatuan, Pengurus PKK Kabupaten Banjarnegara, serta Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

 

 

Dalam acara yang dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Gugus Risdaryanto, S.Sos tersebut menghadirkan narasumber Dosen Fisipol Unsoed Purwokerto, Denok Kurniasih, S.Sos, M.Si,  Wartawan Suara Merdeka M. Syarief SW, S.Sos dan Anggota Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Banjarnegara Khiswatun Chasanah, S.Sos.

 

 

Denok Kurniasih, S.Sos, M.Si menjelaskan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pilkada di Kabupaten Banjarnegara menunjukkan bahwa tingkat penggunaan hak pilih kaum perempuan memang masih rendah, meskipun jumlahnya masih tetap lebih tinggi dari laki-laki. Terdapat permasalahan yang melatarbelakangi masih belum optimalnya peran perempuan dalam Pemilu/Pilkada.

 

 

Sehingga berbagai upaya harus dilakukan untuk mencerdaskan perempuan diantaranya dari sisi internal perempuan harus dimampukan/dicerdaskan dengan cara meningkatkan pemahaman perempuan tentang demokrasi melalui pendidikan politik. Selain itu juga memberikan berbagai informasi terkait data kinerja pemerintah daerah dalam kaitannya dengan Pilkada sehingga tahu kebutuhan pemimpin yang akan dipilihnya, papar Dosen Fisipol Unsoed tersebut. (Red-HJ99/Hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here