PDM Magelang: Orang Muhammadiyah Harus Berkemajuan

0
Suasana Silaturahim Keluarga Besar (SKBI) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) digelar Pimpinan Daerah (PD) IPM Kabupaten Magelang.

Magelang, Harianjateng.com – Ketua Umum PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Sulaiman Affandi, mengatakan bahwa orang Muhammadiyah harus berkemajuan. Hal itu dijelaskannya dalam agenda Silaturahim Keluarga Besar (SKBI) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) digelar Pimpinan Daerah (PD) IPM Kabupaten Magelang. SKBI yang berlangsung di Balai Muslimin Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Minggu (09/10/2016) bisa dikatakan sukses.

 

“Orang Muhammadiyah harus berkemajuan. Nilai maksimal itu bukan jaminan sukses. Anak yang suka berorganisasi itu akan beda saat terjun di dunia masyarakat,” kata Ketua Umum PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Sulaiman Affandi.

 

Kesuksesan itu jelas terlihat dari peserta SKBI yang terlihat antusias melontarkan pertanyaan saat sesi tanya jawab dibuka. Peserta SKBI adalah Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Ranting (PR) IPM se-Kabupaten Magelang. Ustadz Ali Abdurrahim, selaku pembicara, mengambil tema “Berbakti kepada Kedua Orang Tua”. Di mana peserta diberi penjabaran secara jelas dan menyeluruh mengenai berbakti kepada kedua orang tua, baik yang masih hidup atau pun sudah meninggal.

 

SKBI merupakan kegiatan rutin tiga bulan sekali yang merupakan program kerja bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) PD IPM Kabupaten Magelang. SKBI adalah forum silaturahim antar PD, PC, dan PR IPM se-Kabupaten Magelang. Tujuan lainnya adalah untuk menanamkan budaya gemar belajar, terutama ilmu agama, untuk pembinaan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) yang cinta ilmu. Di samping itu, acara ini juga sekaligus bentuk pemantauan PD IPM Kabupaten Magelang terhadap PC dan PR yang dibawahinya.

 

 

Dengan penggambaran sederhana namun tak terbantahkan, Ustadz Ali, panggilan akrab Ali Abdurrahim, sukses menghanyutkan peserta akan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua. Beliau mampu meyakinkan peserta, bahwa berbakti pada orang tua akan membawa efek yang baik untuk kehidupan.

 

 

“Kedudukan perintah beribadah kepada Allah dan Tauhidullah sejajar dengan perintah berbakti kepada kedua orangtua!,” ujar Ustadz Ali.

 

 

Tema berbakti kepada kedua orangtua ini dianggap tepat untuk menyikapi kemunduran adab anak-anak zaman sekarang pada orangtuanya yang sudah jauh dari adab, baik adab dalam agama Islam mau pun adab ketimuranyang dinggap menjunjung tinggi adab dan sopan santun.

 

Dalam bakti seorang anak pada orangtuanya, kata Ustadz Ali, akan timbal balik dengan bakti anaknya pada dia nanti. Banyak kisah-kisah Islami zaman dulu yang disampaikan, agar dapat dipetik hikmahnya. Akan tetapi, sebagai seorang ustazd yang masa mudanya dikecap di kota besar,Jakarta Pusat, Ia pun bisa memberikan pelajaran dari pengalaman masa mudanya sendiri.

 

 

Banyak anjuran berbakti kepada orangtua dalam Islam, baik Kalamullah mau pun Sabda Rasulullah. Tinggal bisa tidaknya seorang anak melaksanakan perintah Allah yang meski dianggap sederhana, dampak dan manfaatnya sangat luar biasa.

 

 

“Bukan tidak mungkin, kegiatan kita ini akan berpengaruh pada jajaran pemerintahan, karena seperti yang kita tahu, pemerintahan di negara kita ini sangat membutuhkan orang Islam yang berilmu!,” ujar Taufiq Al Muhajirin, Ketua Umum PD IPM Kabupaten Magelang, dalam sambutannya. (Red-HJ99/Pena Mglg).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here