TMMD Lahirkan Kebersamaan TNI – Rakyat yang Humanis

1

Jepara, Harianjateng.com – Melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016, terjalin kebersamaan dan kehangatan antara TNI dan rakyat. Hal itu menunjukan bahwa kehadiran TMMD, teristimewa di desa Bringin, Kecamatan Batealit-Jeparasebab diterima dengan baik oleh masyarakatnya.Pada pelaksanaan TMMD di Desa Bringin, peran aktif masyarakat memang terlihat dan menonjol. Terutama dalam hal pembangunan fisik maupun nonfisik.

 

 

Dalam hal wujud pembangunan fisik, telah nampak ekspresi warga yang ikut membangun, mereka menjadi merasa ikut memiliki apa yang telah dihasilkandari jerih payah bersama TNI kerjakan selama ini, hingga pembangunan telah terlihat, begitu pula pembangunan non fisik dengan mengarahkan warga sehingga dengan sangat antusias mendengarkan penyuluhan yang disampaikan oleh tim Satgas TMMD dan pihak-pihak terkait, Senin (10/10/2016).

 

 

Selanjutnya para tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, Fakih dan KH. Nasirin, menyebutkan bahwa keberadaan TNI di Desa Bringin memang terlihat mengesankan danmenjadikan suasana berbeda bagi masyarakat di desa tersebut. Dengan kehadiran TMMD telah tercipta keakraban TNI dan masyarakat, baik dengan anak-anak, remaja maupun para tokoh.

 

 

Ditambahkan pulabahwa disela-sela waktu istirahat selesai gotong royong,TNI dan rakyat saling bersendagurau dan bercengkrama.Banyak nilai positif yang diberikan TNI kepada masyarakat melalui TMMD ini yaitu menumbuhkan kembali nilai gotong royong, kebersamaan dan solidaritas.

 

 

Sementara itu, sebagian besar masyarakat mengaku keberadaan TMMD kali ini bukan hanya membuat masyarakat senang tapi juga bangga karena desa mereka bisa menjadi lebih maju melalui program TMMD. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here