Kenangan Indah TMMD Jepara tak Terlupakan

0

Jepara, Harianjateng.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016, di Jepara sebentar lagi akan  berakhir. Seluruh prajurit TNI sudah persiapan kembali ke kesatuan atau markasnya masing masing.

 

Ada sejuta kesan dan kenangan indah yang tertinggal dan itu akan dikenang selalu oleh warga Jepara khususnya desa Bringin, kecamatan Batealit, Jepara, Jawa Tengah.

 

Keberadaan Prajurit TNI selama  4 minggu terakhir sungguh sangat bermakna dan bermanfaat bagi warga. Banyak sudah pekerjaan fisik yang berhasil dilakukan seperti pembuatan jalan, bedah rumah, penataan lingkungan berhasil diselesaikan dan ini terwujud berkat gotong royong antara prajurit TNI dan warga yang tidak kenal lelah bekerja keras bersama siang dan malam.

 

Program lain yang juga mengesankan warga dalam TMMD kali ini adalah kegiatan non fisik dimana prajurit TNI selama mengikuti program TMMD menginap di rumah warga. Hal ini memungkinkan prajurit TNI untuk aktif berbaur dalam kegiatan masyarakat seperti pengajian di mushola, tahlilan, membantu warga yang menggelar hajatan, ronda malam, bahkan ikut dengan warga ngobrol di warung kopi.

 

Seperti yang diungkapkan oleh parjo, warga Desa Bringin Kecamatan Batealit Jepara. “Saya sangat senang dengan kedatangan bapak- bapak Prajurit TNI, saya sempat menangis karena tidak pernah bermimpi bisa tinggal serumah dengan tentara. Saya tidak merasa terbebani dan kerepotan, justru saya merasa bangga rumah saya terpilih untuk ditinggali prajurit TNI,’’ Ucap Parjo.

 

Sementara itu, kesan positif juga dirasakan tarmi (57 tahun) janda beranak satu warga RT 6/3 Bringin, Tarmi menerima bantuan berupa perbaikan (bedah) rumah. tarmi menuturkan “TNI itu bagaikan malaikat penolong, saya seorang janda dengan pekerjaan serabutan dan penghasilan tidak menentu, tidak pernah terpikir bahwa saya bisa memperbaiki rumah saya yang kalau hujan bocor dan kondisinya mau roboh.

 

” Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak bapak TNI yang sudah membangun rumah saya, semoga jerih payahnya dibalas oleh Allah SWT dan saya juga berterima kasih kepada pak RT dan pak Babinsa yang sudah berjuang hingga rumah saya bisa menjadi sasaran TMMD”.

 

Itulah sebagian potret TMMD 2016 di Jepara, masih banyak lagi kesan dan kenangan indah yang ditinggakan TNI dalam program TMMD di Jepara. Warga berharap program ini dapat kembali hadir di tahun- tahun mendatang.Hal Ini ,menunjukan bahwa TNI telah manunggal dengan rakyat dan semakin di cintai rakyat, sehingga semboyan “Bersama Rakyat TNI Kuat” memang benar adanya. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here