Perbaiki Irigasi Sawah, Jepara Wujudkan Swasembada Pangan

0
Satgas TMM saat cek irigasi sawah

Jepara, Harianjateng.com – Dalam rangka meningkatkan mutu sarana pertanian dan swasembada pangan Satgas TMMMD REG 97 TA.2016, bersama ketua kelompok tani “Rejo Tani 1”Desa Bringin Kabupaten Jepara  mengecek saluran air irigasi memasuki masa tanam (MT-3) kegiatan ini di luar program TMMD .

 

 

Pengecekan saluran Irigasi pada Kamis (13/10/2016) untuk memastikan saluran irigasi tidak ada kendala sesuai dengan perencanaan. “Ini untuk kebaikan para petani setempat,” katanya.

 

 

Mengingat selama ini petani hanya menanami sawah mereka saat musim hujan saja atau sering disebut sawah tadah hujan.

 

 

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan petani untuk mengatasi kekurangan air dengan memanfaatkan potensi air yang ada. Berawal dari keinginan membantu mengatasi kesulitan masyarakat, maka Babinsa serda Rochimin bersama PPL pertanian pak Joko dan Gapoktan desa Bringin, melaksanakan survey irigasi dari sumber air yang belum dimanfaatkan secara optimal.

 

Adapun anggaran pembuatan saluran irigasi ini bersumber dari dana APBD Kabupaten Jepara. Kegiatan ini diharapkan bermuara pada peningkatan produksi pertanian tahun 2016.Untuk mencapai muara dimaksud, tentu kegiatan optimasi lahan dan penyediaan air irigasi/ pengairan sangat dibutuhkan.

 

Berdasarkan hasil survey tersebut, Danramil 03/Batealit, Jepara  Kapten Inf Joko Sulantoro menghimbau dan mengajak petani untuk memanfaatkan dengan maksimal saluran irigasi yang ada untuk meningkatkan hasil pertanian, serta mengingatkan Kapoktan mengajukan pembangunan irigasi. “Kita bantu mengajukannya ke Pemda” tegas Danramil 03/Batealit. (Red-HJ99/pdm).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here