Bupati Purbalingga Larang PNS Jadi Calon Kades

0
Tasdi Bupati Purbalingga

Purbalingga, Harianjateng.com – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, tidak mengizinkan pegawai negeri sipil (PNS) setempat mencalonkan diri sebagai kepala desa. Hak itu dikatakan Bupati Purbalingga Tasdi SH MM.

“Kebijakan untuk tidak mengizinkan PNS mencalonkan diri sebagai kepala desa ini dikarenakan jumlah PNS di Purbalingga semakin berkurang,” katanya di Purbalingga, Senin (17/10/2016).

Bupati mengatakan hal itu terkait pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan digelar di Purbalingga pada 27 November 2016.

Menurut dia, kekurangan jumlah tenaga PNS karena mencalonkan diri sebagai kades tersebut akan menjadi permasalahan bagi pemerintah daerah dalam menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, kata dia, banyaknya PNS yang akan memasuki masa pensiun atau rata-rata lima orang per tahun juga berpengaruh terhadap kinerja mesin birokrasi.

Dalam hal ini, Pemkab Purbalingga masih kekurangan sekitar 1.500 PNS.

“Padahal, bupati membutuhkan staf untuk menjalankan mesin birokrasi,” katanya.

Ia mengatakan jika jumlah PNS terus berkurang, bisa jadi ada kepala seksi atau kepala subbagian yang tidak memiliki staf.

Bahkan saat ini, kata dia, Purbalingga kekurangan guru berstatus PNS terutama guru agama di sekolah negeri yang masih sangat minim.

“Regulasi memungkinkan bupati tidak mengizinkan PNS untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa karena adanya pasal persyaratan bagi PNS yang mau mencalonkan diri harus ada surat izin dari bupati,” katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, pertimbangan kekurangan PNS menjadi hal yang masuk akal untuk tidak menerbitkan surat izin bupati.

Ia mengatakan Pemkab Purbalingga lebih baik memaksimalkan pegawai yang ada daripada mengangkat pegawai tidak tetap.

“Oleh karena itu, saya mohon maaf kepada PNS yang akan mencalonkan diri sebagai kepala desa,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati mengajak seluruh PNS untuk tetap fokus dalam mengemban tugas-tugasnya sesuai dengan sumpah dan janji yang diucapkan saat baru diangkat menjadi PNS. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here