Karya Ukir Mashudi Tembus ke Luar Jawa

0

Jepara, Harianjateng.com – Sebut saja bapak Mashudi dari Desa Bantrung, Jepara, Jawa Tengah. Bapak dengan 3 orang anak ini milih berprofesi sebagai pembuat ukir ukiran  dengan jenis ukiran loster. Profesi ini sudah digelutinya selama kurang lebih 22 tahun. Dalam proses produksinya  bapak Mashudi dalam sehari bisa menghasilkan 60-75 buah ukiran kayu berbentuk loster. Dilaksanakan dalam skala kecil karena terbentur karena keterbatasan modal yang dimiliki.

 

Dalam produksinya satu buah losternya dihargai oleh pihak pengepul dengan harga Rp 2.750. Harga yang tidak sesuai dengan tingkat kesulitan dan proses produksinya menurut saya. Tapi karena kerasnya persaingan dagang dan modal yang dimiliki bapak Mashudi tetap menekuni bidang ini untuk menafkahi keluarganya, kemarin (14/10/2016).

 

 

Setelah proses pembuatan selesai oleh pihak pengepul material ini dimasukan ke komponen material yang lebih besar umtuk menyempurnakan hasil produksinya. Loster buatan pak Mashudi ini dipasarkan di sebagian pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan juga Sulawesi.

 

Daya tarik sebenarnya terdapat diwaktu proses pembuatan secara manual dari loster loster tersebut. Tetap semangat untukbapak Mashudi, dari karyamu banyak bangunan bangunan di negeri ini menjadi lebih indah, dalam hal ini personil TMMD Serda tatag terpacu dengan kegiatan itu sehingga nantinya bisa mencontoh dan bisa mengembangkan pekerjaan itu.  (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here