TMMD Jepara Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

1

Jepara, Harianjateng.com –.Pendim 0719/Jepara meninjau lokasi tempat TMMD di Desa Beringin Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara mengungkapkan bahwa, Sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-97 desa Beringin Kecamatan Batealit tersebut merupakan desa yang mengalami ketimpangan dalam perkembangan dibandingkan desa-desa lain yang ada di wilayah Kecamatan Batealit, Jepara.

 

Hal tersebut bisa dilihat pada berbagai masalah seperti infrastruktur umum, tingkat pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi yang tidak mengalami perkembangan dan kemajuan. Hal tersebut menjadikan desa tertinggal banyak dihuni masyarakat di bidang ekonomi sangat rendah. Padahal, sebenarnya desa tertinggal bila dikelola dengan baik bisa diubah statusnya menjadi desa mandiri. Karenanya memang perlu memperbaiki ketimbangan yang ada di desa tertinggal dengan melihat potensi ekonominya untuk digali dan dioptimalkan pemberdayaannya, Senin (17/10/2016).

 

Yang disebutkan disini ialah kriteria desa yang meliputi perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, prasarana atau infrastruktur, kemampuan keuangan daerah, aksesbilitas dan karakteristik daerah tersebut.

 

Menggali potensi ekonomi yang ada di desa Beringin yang sebagian masyarakat bermata pancaharian pengrajin mebel rumahan dan bercocok tanam karena memang daerhnya berbukit merupakan sesuatu yang amat penting agar mampu mengurangi tingkat kemiskinan. Pengurangan angka kemiskinan ini menjadikan masyarakat mampu menambah pendapatannya dan bisa memperbaiki kondisi ekonominya, serta meningkatkan daya konsumsinya.

 

Maka sasaran utama TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0719/Jepara di Desa Beringin Kecamatan Batealit ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial, menuju masyarakat yang semakin sejahtera dan mandiri, meningkatnya wawasan kebangsaan serta kesadaran bela Negara. Serta menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here