Karang Taruna Putra Giri Gelar Workshop Batik Carnival

0
Suasana workshop yang digelar Karang Taruna Putra Giri dengan Keluarga Mahasiswa Banjarnegara (KMB) Yogyakarta dan IKAMURA (Ikatan Kangmas dan Mbekayu Banjarnegara).

Banjarnegara, Harianjateng.com – Sebagai upaya untuk menyambut Gumelem Ethnic Carnival yang kedua, yang akan dilaksanakan di Desa Gumelem, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

Ada yang berbeda tentang sisi penyelenggaraan dibanding tahun sebelumnya yakni penambahan item kegiatan. Batik Gumelem Carnival bertujuan untuk memperkenalkan batik asli Gumelem dengan corak yang lebih menarik dan cerah.

 

Workshop Minggu (06/10/2016) kemarin, diselenggarakan berkat kerjasama Karang Taruna Putra Giri dengan Keluarga Mahasiswa Banjarnegara (KMB) Yogyakarta dan IKAMURA (Ikatan Kangmas dan Mbekayu Banjarnegara).

 

 

Workshop ini dilakukan dua tahap, kemarin dan hari ini. Konsep pada Pagelaran Batik Gumelem Carnival adalah tentang kesederhanaan dan menonjolkan karaktek tradisional di setiap peraga yang tetap menampilkan nilai elegannya. Model yang akan tampil di acara tersebut adalah putra-putri Desa Gumelem yang mempunyai potensi agar tidak menjadi penonton di kampungnya sendiri. Dibutuhkan proses untuk melatih para putra-putri karang taruna tersebut.

 

“Kami optimis pagelaran kami akan maksimal apalagi kami didukung penuh oleh teman-teman KMB Yogyakarta dan IKAMURA,” tegas Direktur Festival Gumelem Budhi Hermanto pungkasnya

 

Tidak hanya Batik Carnival di acara Gumelem, akan ada workshop membatik, membuat gula aren dan keliling kampung menggunakan andong, berbagai pertunjukan seni tradisi lainnya dan yang paling ditunggu adalah penampilan seni tradisi asli Desa Gumelem yaitu Ujungan, seni tari dan bertarung menggunakan senjata rotan, ritual yang dipercaya masyarakat untuk meminta hujan yang secara turun-temurun dilaksanakan oleh masyarakat Gumelem. Budaya ini hingga saat ini masih dipertahankan sebagai bentuk pelestarian budaya. (Red-HJ99/Hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here