Antisipasi Banjir, Warga Bonang dan Prajurit Berjamaah Bangun Tanggul

0

Demak, Harianjateng.com – Anggota Babinsa Kodim 0716/Demak dari Koramil 02/Bonang bersama masyarakat Desa Kembangan, Karangrejo, Sumberjo terutama yg berada di Dukuh sawi, Kecamatan Bonang melaksanakan gotong royong memperbaiki tanggul dengan menggunakan karung berisi pasir atau tanah di karenakan aliran air sungai tuntang Baru sudah diatas ambang batas normal/melampaui tanggul serta meluber kepersawahan pada hari Kamis (10/11/2016).

 

Tanggul saluran induk irigasi tersebut jebol di beberapa titik akibat diterjang banjir setelah wilayah Salatiga dan Purwodadi tersebut dihuyur hujan yang terus menerus selama sepekan. Selain itu, beberapa hektar sawah di sana ikut terendam.

 

Kepala Desa Sumberejo menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Babinsa yang bersedia membantu memperbaiki tanggul sungai Tuntang yang rusak. Disebutkan, untuk perbaikan tanggul menghabiskan ratusan karung pasir dan puluhan batang bambu.

 

“Kalau tidak diperbaiki secepatnya, ratusan hektar sawah di Kecamatan Bonang terancam Kebanjiran. Bukan hanya itu, para warga yang tinggal disekitar daerah aliran sungai Tuntang, juga kesusahan mendapatkan air bersih untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci dan kebutuhan lainnya,” terang Serka Rahmat yang mewakili Danramilnya.

 

Ia juga mengatakan pihak Koramil 02/Bonang dan Kecamatan sudah membuat permohonan kepada instansi terkait, agar dinding saluran yang jebol tersebut dapat diperbaiki, mengingat saat ini sedang musim turun ke sawah untuk musim tanam pertama.

 

“Kita sudah buat surat permohonan yang ditujukan kepada instansi terkait untuk perbaikan tanggul itu kembali, karena petani sedang membuat bibit padi ¬†untuk proses musim tanam sekaligus demi terlaksananya program luas tambah tanam di Bonang,” pungkasnya.(Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here