Untag Semarang Buka Bursa Kerja Career Khusus

2

Semarang, Harianjateng.com – Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang, menggelar Bursa Kerja Caree Khusus yang terbuka untuk semua kalangan. Istilah dalam bahasa Inggris job fair atau yang kita kenal dengan bursa kerja, adalah bursa atau pameran owner, holder, manager, direktur, majikan dan para pemimpin serta kepala badan/ kantor lainnya untuk bertemu dan merekrut karyawan, pegawai, staf, bawahan dan pencari kerja yang produktif dan prospektif.

 

Bursa kerja pada umumnya diikuti oleh perusahaan atau organisasi yang bonafide yang menyediakan meja untuk mengumpulkan rangkuman (summary) berupa Curriculum Vitae dari suatu tempat ruang bertukar kartu nama. Bursa kerja bertujuan khusus  memberi kesempatan kepada para lulusan baru untuk melakukan wawancara dan test kerja pertama mereka. Perusahaan – perusahaan yang mengikuti bursa kerja umumnya juga membuka lowongan secara daring.

 

Di perguruan tinggi, bursa kerja bertujuan khusus yaitu diselenggarakan dan dimaksudkan untuk merekrut para wisudawan yang baru lulus, serta wisudawan periode sebelum – sebelumya yang belum mendapatkan pekerjaan. Perguruan tinggi pada era globalisasi mendapatkan tugas tambahan yang lebih berat untuk membuka simpul-simpul ikatan yang selama ini boleh jadi sulit ditembus oleh para pencari kerja individual ( job seeker).

 

Perguruan tinggi sepatutnya mengemban tanggung jawab ini dan menjadi mediator bagi kedua belah pihak, sehingga kedua belah pihak baik para owner dan holder di satu sisi dan job seeker disisi lain, saling mendapatkn keuntungan maksimal dari keberadaan Job Fair di perguruan tinggi.

 

Di sisi para owner dan holder, mereka akan memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Sedangkan di sisi lain, para job seeker memperoleh pekerjaan pada posisi yang di cita-citakan. Bursa kerja adalah tempat yang tepat bagi para perekrut dan pencari kerja untuk bertemu secara langsung dalam waktu yang singkat, dengan biaya murah dan mudah dijangkau semua pihak.

 

Dengan adanya job fair ini tugas pemerintah pusat maupun pemerintah daerah akan semakin ringan karena jumlah pengangguran di kota setempat cepat atau lambat akan berkurang dan semakin menipis, terlebih jika job fair diadakan rutin setiap tahun atau lebih bagus lagi selesai acara wisuda.

 

UNTAG Semarang berencana akan melakukan Job Fair setahun 2 kali, sesudah kegiatan wisuda yaitu sekitar bulan November dan Mei. UNTAG Semarang kali ini pada kegiatan Job Fair tanggal 11-12 November 2016, sama sekali tidak menarik biaya-biaya baik dari pihak perusahaan perekrut maupun dari pihak pelamar kerja.

 

Hal ini dilakukan oleh Bursa Karir Khusus (BKK) Career UNTAG, karena sungguh – sungguh ingin menjadi mediator sekaligus jembatan yang memudahkan kedua pihak untuk bertemu. Selain itu juga rasa prihatin yang mendalam akan kondisi negara Indonesia tercinta yang belum terbebas dari jutaan pengangguran di berbagai tempat. BKK Career UNTAG berusaha memudahkan dan meringankan serta mengurangi beban semua pihak pengangguran di negara ini.

 

Dra.Tri Lestari Hadiati, MSi Direktur Bursa Karir Khusus (BKK) Career UNTAG berharap, semoga dimasa mendatang sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah, UNTAG tidak hanya mampu meluluskan, tapi juga mampu mencarikan pekerjaan bagi semua lulusan. Tujuan Bursa Karir Khusus (BKK) Career UNTAG terutama adalah untuk menjadikan generasi muda seluruh Jawa Tengah menjadi sarjana semuanya, mendapatkan pekerjaan yang bagus dan memuaskan dibidangnya masing – masing.

 

Tri Lestari Juga menambahkan,”oleh karena itu BKK Career UNTAG pada saat ini ingin menunjukan bahwa praktek kerja para calon sarjana (beberapa kelompok UKM) juga dapat dilihat dengan nyata dalam kegiatan food court yang menyertai job fair UNTAG 2016. Terutama praktek kerja para calon sarjana ekonomi yang telah mendapatkan pelatihan kewirausahaan dari dosen – dosen ekonomi.

 

Keberadaan food court merupakan tempat praktek langsung bagi mahasiswa untuk membuktikan kemampunnya dibidang kewirausahaan, karena mereka berhadapan langsung dengan para pembeli. Selain itu (BKK) Career UNTAG juga mengajak pelaku UKM di luar mahasiswa yaitu dari masyarakat umum dengan menjual produk khas Kota Semarang seperti jamu aneka rasa, jus buah lokal dan makanan lokal seperti mie kopyok, soto bening serta aneka jajanan sehat.

 

Pada job fair bulan Mei tahun 2017 mendatang, BKK Career UNTAG akan lebih mengutamakan gerai produk-produk unggulan dan khas kota Semarang antara lain seperti batik Semarangan yang bercorak putih burung blekok, keramik Semarangan dari sigar bencah Semarang, makanan olahan Semarang, minuman seperti bandrek dan wedang uwuh, serta kerajinan tangan cindera mata khas Semarang. (Red-HJ99/Heri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here