Gerakan Jambanisasi di Gajah Demak Diacungi Jempol

9

Demak, Harianjateng.com – Gerakan jambanisasi yang digalakkan Kodim 0716/Demak khususnya Koramil 07/Gajah mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Warga acungi jempol terhadap program jambanisasi semester II tahun 2016 tersebut karena turut mendukung menuju Indonesia sehat 2020 yang juga digencarkan pemerintah.

 

Komandan Koramil (Danramil) 0716/07 Gajah, Kapten Czi Alimudin bersama Babinsanya Serda Sutaryono, menuturkan, program jambanisasi ini diprioritaskan kepada masyarakat miskin yang tidak memiliki jamban. Program tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI dengan kesehatan masyarakat di wilayah binaannya. Untuk Koramil Gajah sendiri mendapatkan alokasi sebanyak 10 unit jamban.

 

“Program Jambanisasi ini dapat membantu masyarakat menuju perilaku hidup bersih dan sehat lebih baik lagi. Dengan jamban sehat, sehingga akan terhindar dari penyakit,” tuturnya, Sabtu, 26 November 2016 saat di desa Binaannya Tambirejo Gajah
Danramil menambahkan, pengerjaan jambanisasi ini dilakukan secara gotong royong bersama warga. Pembangunannya diperuntukkan untuk kalangan tidak mampu yang ada di Kecamatan Gajah. Hal ini karena tidak semua warga mampu membangun jamban terutama keluarga miskin.

 

“Sebab, masih ada warga yang rumahnya tak punya jamban, jika hendak buang air besar, mereka harus turun ke sungai atau kebun yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Atau mereka punya jamban, tapi tidak standar sebagai jamban sehat,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Camat Gajah, Agus Hermawan SIP mengatakan, jambanisasi TNI yang diterapkan di wilayah kecamatannya, dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehat. Sejauh ini, masih ada warga yang buang air besar sembarangan di sungai maupun di kebun. Namun, cara hidup kurang sehat itu sudah makin berkurang seiring dengan kesadaran warga yang terus meningkat terkait pembuatan jamban yang modern.

 

“Tentu kami mengapresiasi TNI khususnya Koramil Gajah. Sebab, jamban warga kami sudah layak dengan adanya program jambanisasi tersebut,” katanya.(Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here