Dian: Guru Bukanlah Buruh dan Kuli

4

Semarang, Harianjateng.com – Guru, adalah profesi mulia. Ia bukan buruh apalagi kuli. “Guru seharusnya bisa digugu dan ditiru, apa yang dikatakan benar, jujur, bertanggung jawab, dan Budi pekertinya harus baik benar, berakhlak mulia, dan semuanya dilakukan dengan ikhlas,” ujar Dian Marta Wijayanti, penulis buku Siapkah Saya Menjadi Guru SD Revolusioner, Kamis (1/12/2016).

 

Dalam bekerja, kata dia, guru harus niat utama untuk mendapatkan ridlollah. “Karena mengajar adalah sebuah amanah, yang ia harus bertanggung jawab atas amanat tersebut. Rasanya berat bila guru tidak bisa digugu, tidak bisa ditiru muridnya bisa menjadi orang baik, sholeh, karena ilmu adalah nur,cahaya yang hanya bisa diambil dari sumber cahaya menuju sesuatu yang bisa memantulkan cahaya,” beber guru SD Negeri 1 Sampangan Kota Semarang tersebut.

 

Mantan Asesor EGRA USAID Prioritas Jateng ini juga menandaskan, bahwa ilmu guru adalah lautan, jika hanya berorientasi pada recehana, maka hal itu sangat tidak logis.

 

Ilmu yang disampaikan tidak ikhlas, kata dia, hanya murni orientasi materi,menyebabkan ilmu itu susah menjadi ilmu pengetahuan yang berkah dan bermanfaat. “Akhirnya pemilik ilmu itu menjadi Qarun qorun generasi baru,bal’am bal’am generasi baru,” lanjut wisudawan terbaik PGSD Unnes tahun 2013 tersebut.

 

Mari teman-teman guru, kata dia, siapa saja tugas mulia mengajar sebagai warisan para rosul itu tidak bias kita rusak dengan niat yang salah, sehingga akhirnya kita tak ubahnya hanya seperti kuli pabrik yang hanya  kita penuhi orientasi materi. “Mengajar adalah tugas yang paling mulia dimuka bumi. Mari niatkan menjadi guru untuk mengemban amanat ,litholabi ridlollah, lillah. Guru bukan buruh, buka pula kuli,” tegas dia.

 

Ilmu itu mulia, lanjut dia, sampaikan dengan cara yang mulia,niat yang mulia agar kau jadi mulia,murid murid pun jadi mulia. :Ya Allah, berikan kepada kita niat mencari ridlomu,dalam tugas ini. “Ihdinashshiroothol mustaqiim yaa mujibassaailiin,” pungkas dia. (Red-HJ99).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here