Warga Purbalingga Sambut Baik Sosialisasi Empat Pilar

13

Purbalingga, Harianjateng.com – Ratusan warga Purbalingga mengikuti dan menyambut baik Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di gedung kelurahan Purbalingga Lor,Kamis (1/12/2016) yang dilakukan oleh MWC NU Purbalingga dengan Ir. HM Rohamurmuziy, MT.

 

 

Acara yang dihadiri Angota DPRD II Purbalingga, H In’am bi Romatullah dan Khafiatun Manuroh dari PPP Purbalingga serta tokoh MWC NU Purbalingga itu dalam rangka sosialisasi nilai-nilai empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

”Sosialisasi ini dinilai penting dilakukan di tengah ancaman bahaya integrasi bangsa. Internalisasi nilai-nilai empat pilar menjadi keniscayaan agar kita tetap mampu melestarikan nilai-nilai bangsa kita sekaligus dapat merespons secara positif berbagai pengaruh yang berpotensi melemahkan jati diri Bangsa Indonesia,” kata Hj Nurul Hidayah S, SH MSi mewakili HM Romahurmuziy, MT anggota DPR dari PPP Dapil VII Jateng.

 

 

Saat menjadi pembicara pada kesempatan itu Hj Nurul mengatakan sosialisasi empat pilar sangat penting karena masih banyak ditemukan indikasi penyelenggara negara dan masyarakat belum memahami dan melaksanakan nilai-nilai tersebut.

 

“Melalui Badan Sosialisasi MPR pemasyarakatan empat pilar harus terus dilakukan secara sistematis dan masif dengan jangkauan yang lebih luas, sehingga masyarakat semakin memahami nilai-nilai yang terkandung sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

 

 

Ia menambahkan, empat nilai pilar merupakan warisan para pendiri bangsa yang harus diimplementasikan dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Empat pilar dimaksud adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

 

 

“Sejak awal berdirinya Republik Indonesia kebhinnekaan merupakan kekayaan bangsa yang harus diakui, diterima dan dihormati. Kemajemukan sebagai anugerah juga harus dipertahankan, dipelihara, dan dikembangkan yang kemudian diwujudkan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

 

 

Sementara itu, Catur Yusnandar dari Kesbang Linmas Kab Purbalingga Jawa Tengah lebih menekankan tentang pentingnya merawat dan menjaga Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut. Sebab empat pilar hadir sebagai landasan dan jalan agar semua tujuan negara dapat tercapai.

 

“Hal ini karena tujuan negara berasal dari UUD 1945. Sedangkan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu dan pancasila hadir sebagai dasar dari ketiga pilar diatas. Jadi, jika kita mampu mengerti dan mengamalkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, maka bukan tidak mungkin tujuan negara akan tercapai sesuai harapan dari para founding father negara kita,” papar Catur.

 

 

Menurut Catur, paling tidak melalui pendekatan kultural, edukatif, hukum dan struktural, 4 pilar ini bisa terus terpelihara hingga NKRI tetap utuh sebagai bangsa tetap berbhineka tunggal Ika berdasarkan Pancasila dan dan UUD 45.Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada warga yang aktif menjadikan  Media Sosial sebagai sarana dakwah yakni Ustadz Lasmono dan Romat dari PCNU Purbalingga serta Aji Setiawan, ST aktivis PPP Purbalingga.  (Red-HJ99/Aji).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here