Dianugeri Gelar Doktor Undip, Menteri Susi Menangis

23
Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan RI (kanan) saat diberi ijazah doktor HC oleh Prof Yos Johan Utama Rektor Undip di gedung Prof. Soedarto kampus Undip Tembalang, Semarang.

Semarang, Harianjateng.com – Mesti terkenal garang, ternyata Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan RI sempat menangis saat mendapat gelar kehormatan yang diberikan oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah. Susi, resmi menyandang Doctor Honoris Causa pada Sabtu pagi (03/12/2016) di gedung Prof. Soedarto kampus Undip Tembalang, Semarang.

 

 

Dalam sambutannya, menteri Susi menyampaikan terimakasih kepada Undip yang sudah memberikan anugerah gelar kehormatan kepadanya. “Terima kasih saya ucapkan kepada Undip atas pemberian tanda kehormatan gelar Doctor Honoris Causa kepada saya sebagai menteri yang kurang berpendidikan, semoga dengan gelar ini sebagai motivasi dan acuhan saya untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia terutama dalam bidang Kelautan dan Perikanan,” tuturnya sambil meneteskan air mata kebahagiaan di hadapan ratusan peserta yang hadir.

 

 

Acara tersebut dihadiri oleh para menteri – menteri lainnya, seperti Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Drs. H. Muhammad Nasir, Menteri Koperasi Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Prof.DR.dr Nila Djuwita F.Moeloek. Selain itu nampak hadir juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, DPRD Semarang, Forkompimda Semarang, guru – guru besar UNDIP, TNI dan POLRI dan kedubes Norwegia pun juga hadir dalam acara tersebut.

 

 

“Saya ucapkan terima kasih juga buat keluarga saya, anak – anak ,adik, almarhum kedua orang tua , almarhum Ahmad Karlan dan Ibunya Suwuh Lasminah dan menantu saya yang selama ini ikut mendukung dan menemani perjalanan hidup saya sampai saat ini,” beber Susi.

 

 

Menteri yang dikenal garang tersebut meceritakan banyak hal, tentang perjalanan dan pengalaman hidupnya terutama pengalaman dia sebagai menteri, karena dalam bidang kelautan dan perikanan itu akan menuju kesejahteraan rakyat Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam pidatonya yang berjudul “Pemberantasan Illegal, Unreported and Unregulated Fishing: Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia”.

 

Sementara itu, ada sejumlah alasan Undip memberikan gelar kehormatan kepada Susi. Menurut Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama proses pemberian gelar Doctor Honoris Causa ini melalui serangkaian tahapan – tahapan dengan meneliti karya dan kebijakan yang diterapkan saat Susi mulai dilantik menjadi menteri Kelautan dan Perikanan. Sebelum Tim guru besar Undip yang meneliti.

 

“Susi sudah diuji oleh tim KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan hasilnya sangat tinggi dengan nilai 9 atau setara dengan kualifikasi seorang doktor. Akhirnya pada kesimpulan kalau Menteri Kelautan ini layak mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa karena kebijakannya sangat bernuansa ilmiah, runtut dan berkesinambungan,” beber Prof Yos Johan.

 

 

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam sambutannya juga menyampaikan selamat kepada Susi Pudjiastuti atas gelar Doctor yang disandangnya. “Selamat kepada ibu menteri Susi Pudjiastuti atas tanda kehormatan yang di berikan oleh Undip yaitu gelar Doctor Honoris Causa. Dari dulu saya orang yang tidak yakin kalau ibu Susi itu orang yang bodoh karena dulu ibu susi sekolah di SMA 1 Jogja, SMA teladan yang tidak banyak orang bisa masuk, termasuk saya. Semoga ibu Susi juga bisa lebih arif dan bijaksana,” kata Ganjar.

 

 

Sementara itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Drs. H. Muhammad Nasir memberi apresiasi kepada Undip yang memberikan gelar doktor kehormatan kepada Susi. “Ini hal yang luar biasa sebagai terobosan baru dalam sistem pendidikan kita. Bagaimana tidak, selalu harus ke pokok pada teori, namun juga pada praktik dan kompetensi,” beber mantan Rektor Undip tersebut.

 

Acara tersebut dimeriahkan oleh mahasiswa Undip dengan paduan suara yang menyanyikan lagu – lagu kebangsaan Indonesia. Selain jajaran menteri dan politisi, hadir puluhan sivitas akademika Undip dan berbagai tamu undangan. (Red-HJ99/Heri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here