Lewat Wayangan, MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

17
Jajaran MPR RI saat foto bersama dalang.

Kendal, Harianjateng.com –  Menyosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, semakin mengena dengan menggunakan media pagelaran wayang kulit. Hal itulah yang dilakukan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Kabupaten Kendal pada Sabtu malam (03/12/2016) yang bertempat di lapangan Desa Purwokerto Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Secara resmi, pembukaan sosialisasi 4 pilar tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, berdoa besama dan  dan penyerahan tokoh wayang oleh anggota MPR RI kepada Ki Harsono Baruklinting yang menjadi dalang pada pagelaran wayang tersebut.

 

 

Dalam kegiatan itu, Anggota MPR RI Fadholi mengatakan sosialisasi dengan menggunakan pagelaran wayang kulit ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh MPR di seluruh Indonesia. “Ini merupakan suatu program yang sudah lama dilakukan oleh MPR, hari ini kita gelar di wilayah Kabupaten Kendal untuk memberikan pencerahan sesuai dengan sosialisasi 4 pilar  yang merupakan bagian yang sangat penting untuk bisa dilakakukan,” kata Fadholi.

 

 

Karena seni budaya wayang kulit, lanjut dia, banyak digemari oleh masyarakat terutama masyarakat pedesaan dan untuk menyampaikan hal – hal semacam itu akan lebih bagus dan lebih mudah dimengerti melalui budaya. ”Nanti akan diberikan nilai – nilai Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan NKRI itu sendiri akan menjadi bagian yang harus kita jaga bersama. Melalui pagelaran wayang kulit ini akan diberikan pencerahan juga tentang pentingnya NKRI bagi negeri ini,” beber dia.

 

Fadholi juga menyampaikan terkait aksi damai yang kemarin terlaksana. “Saya memaknai aksi yang dilakukan oleh saudara – saudara kita kemarin di Jakarta itu adalah gerakan simpati yang alhamdulillah berjalan dengan baik yang sudah berlangsung, dan besok yang akan  berlangsung itu merupakan  pawai simpati yang memungkinkan dihadiri oleh banyak tokoh elemen masyarakat dari semua agama. Kita hormati, yang melakukan ini merupakan bagian dari demokrasi negara kita, ” ujar dia.

 

 

Acara tersebut dihadiri oleh anggota MPR RI di antaranya, selain Drs. Fadholi dari Fraksi Nasdem, hadir pula H. Sri Wulan, S.E dari Fraksi Partai Gerindra MPR RI, H. Alamudi Rois, S.Sos dari Fraksi Partai PKB,  Drs. H. Abdul Rahmi dari DPD RI, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kendal Agus Rifai, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal Muryono, dan masyarakat Kabupaten Kendal serta berbagai elemen yang hadir. (Red-HJ99/Heri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here