Bawa Senjata Berjamaah, TNI dan Kajari Blora Latihan Menembak

2
Suasana latihan menembak di lapangan Baladewa Yonif 410/Alugoro Blora, Jawa Tengah.

Blora, Harianjateng.com – Bertempat  di lapangan Baladewa Yonif 410/Alugoro Blora, Jawa Tengah, Kodim 0721/Blora bersama Rutan dan Kajari Blora bersinergi melaksanakan latihan menembak dengan senjata laras panjang M 16 A I. Kegiatan menembak digelar selama 2 (dua) hari dari tanggal 06 sampai dengan 07 Desember 2016.

 

 

“Melalui sinergitas ini akan tercapai peningkatkan kemampuan dan kemahiran para anggota Rutan Blora sekaligus bagi personel Kodim,” tandas Koordinator lapangan latihan menembak Kodim Blora,  Lettu  Inf. Puryanto (Danramil 02/Jepon) di Blora, Selasa (06/12/2016).

 

 

Saat memberi pelatihan kepada para personil Rutan Blora  dibawah pimpinan Kepala Rutan,  Fajar Nurcahyono tersebut, terlebih dahulu diberi pengenalan serta tata cara penggunaan senjata laras panjang jenis M 16 A I kaliber 5,56 mm jarak 100 meter dengan sikap tiarap. ”Dengan pengenalan terlebih dahulu diharapkan para personil rutan saat latihan menembak berjalan sesuai yang diharapkan. Yakni tertib, lancar dan aman,” ungkap Lettu Inf Puryanto.

 

 

Jasminanto, salah satu anggota Rutan Blora yang ikut latihan menyatakan senang bisa mengikuti latihan menembak yang di selenggarakan oleh Kodim 0721/Blora. Dia mengaku baru kali pertama memegang senjata jenis M 16 A I.

 

 

”Sebelumnya saya hanya  terbayang dan membayangkan saja, rasa takut dan gemetaran saat latihan amat terasa, begitu pegang napas ahkirnya hilang dan langngsung tarik picu, hasilnya cukup bagus,  Di angka 10 masuk 1, angka 9 masuk 6, angka 8 masuk 2 dan angka 7 masuk 2,” paparnya.

 

Dia menambahkan, setelah merasakan rasanya kepingin mengulang  lagi, harapannya. “Kalau Kodim menggelar latihan lagi tolong Rutan diajak lagi,” ujarnya.

 

 

Sementara itu, Dandim 0721/Blora,  Letkol Inf Susilo, S. Sos menjelaskan, di hari pertama latihan menembak Kodim Blora yang bersinergi dengan Rutan Blora dan kajari Blora itu bertujuan selain untuk ajang  silaturahmi antara Kodim, Rutan dan Kajari Blora. Sekaligus untuk  menjaga dan meningkatkan hubungan yang lebih baik.

 

”Dengan latihan bersama tersebut akan bisa meningkatkan kemahiran dalam menembak dan profesionalisme. Hanya saja kami selalu wanti-wanti agar hati-hati dan jaga keamanan selama latihan. Ikuti petunjuk dari koordidator latihan,” jelas Dandim Letkol Inf Susilo.

 

Sementara itu, Kepala Rutan Blora, Fajar Nurcahyono mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0721/Blora yang telah memberikan pelatihan menembak kepada personil Rutan. Dikatakan, dengan memberikan ilmu menembak kepada personilnya, para petugas Rutan semakin percaya diri dalam melaksanakan tugas.

 

 

”Kami berharap, ke depan jika Kodim Blora menggelar latihan bisa mengajak kembali latihan serupa kepada jajaran pesonil Rutan. Harapanya anggota Rutan Blora nantinya bisa menjaga dan meningkatkan kemahirannya. Rutan sendiri mempunyai senjata dan amunisi,” pungkas Kepala Rutan, Fajar Nurcahyono. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here