Polres Pemalang Bongkar Kasus Pencurian

6

Pemalang, Harianjateng.com – Polres Pemalang telah melakukan ungkap kasus percobaan pencurian dengan pemberatan pada hari Jum’at, tgl 16 Desember 2016.

 

Dijelaskan Kasat Reskrim AKP R. HARYO S.L, S.H.,M.Krim, bahwa perkara yang diungkap yaitu percobaan pencurian dengan pemberatan sesuai dengan bunyi Pasal 363 junto 53 KUHP.

 

Awalnya, berdasarkan hasil koordinasi dan informasi antara anggota jatanras polda jateng,  Reskrim res pemalang, Purbalingga , Ngawi , pada hari ini Kamis 16 Desember 2016 sekitar jam 14.30 Wib, agt Sat Reskrim Pemalang, diback up agt jatanras Polda dan Pekalongan kota telah mengamankan 4 orang laki-laki, kelompok Palembang yang mengendarai kbm zenia hitam nopol. L 1537 BV, yang diduga mrk adalah pelaku CURAT antar propinsi dengan MO pecah kaca mobil dengan sasaran nasabah bank yang baru saja melakukan aksi Curat Pecah kaca mobil pada nasabah Bank di Pemalang.

Saat pelaku diamankan sdengan melakukan aktivitas pengamatan thd calon korban di kantor Bank BPADA Pekalongan kota.

Dasarnya yaitu LP / B / 262 / XII / 2016 / Jateng / Res Pml . Tanggal 15 Desember 2016. Sementara TKP di depan Rumah Makan Ibu Mei depan RS. ISLAM AL IKHLAS Pemalang ikut Jl. Kol. Sugiono Desa Taman, Kec. Taman, Kab. Pemalang dengan pelapor : Surya Arum Pinuju, 32 th, Karyawan, alamat : Jl. Tongkol No. 23 Rt.02 Rw.06 Kel. Sugiwaras, Kec./Kab. Pemalang.

 

Sementara Saksi-saksi yaitu Sdr. Seprudin, 25 th, Swasta, alamat : Dk. Klesem Rt.02 Rw.08 Desa Gunung Jaya, Kec. Belik, Kab. Pemalang.
2. Sdr. Sikma Rejik Martino, 31 th, Wiraswasta, Alamat : Jl. Lumba-lumba VI No. 139 Kel. Sugiwaras, Kec./Kab. Pemalang.

 

Pelaku adalah Adi cahyono als adi bin siswoyo, lahir palembang, 12 agustus 1983, islam, pek. Tidak ada, alamt rmh jln mayor zen no. 07 rt.12 rw.4 kel. Kali doni kecm sungai selayur Kota Palembang. Kedua, Abdi riski Ramadhan bin ibrahim, palembang, 18 maret 1993, islam, buruh, alamat rmh jalan buksri no.008 rt.- rw.- desa pusri kec. Kali doni kota palembang. Sumsel.

Ketiga, Rifky Pujianto als Kiki bin Irwanto, lahir Palembang, 19 Mei 1994, Swasta, Alamat : Jl. Harapan Jaya 2 Rt.20 Rw.06 Kel. Sungai Serayu, Kec. Kali Doni, Kota Palembang. Keempat, Alriski bin arian, pelajar kls 3 sma nusa bangsa, umur 16 tahun, alamat palembang.

 

Kronologis kejadian berawal pada hari Kamis tgl 15 Desember 2016 sekitar pukul 13.00 Wib bersama S1 menggunakan mobil Inova putih datang ke Bank Jateng untuk mengambil uang Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) untuk pembayaran operasional tenaga kerja, setelah uang sudah diambil pelapor uang tersebut langsung dimasukkan kedalam tas rangsel, selanjutnya pelapor dan S1 keluar dari Bank Jateng langsung masuk mobil dan berjalan ke arah timur dan masuk ke Spbu depan Polres Pemalang, setelah selesai isi bensin, mobil langsung menuju ke arah timur sampai di pertigaan beji belok kanan menuju Warung Makan Bu Mei depan RS Islam Pemalang dan mobil langsung diparkir untuk makan siang, selanjutnya pelapor dan S1 turun dari mobil dan tas rangsel yang berisi uang tersebut juga dibawa oleh pelapor masuk kedalam warung makan,  namun pelapor dan S1 tidak jadi makan karena melihat posisi warung ramai banyak orang makan, selanjutnya pelapor keluar warung dan melihat ban belakang mobil sebelah kiri dalam keadaan gembos, selanjutnya pelapor dan S1 menuju ketempat mobil yang diparkir untuk menganti ban yang gembos, kemudian S1 menuju ke pintu sopir rencana untuk membuka bagasi, kemudian S1 melihat kaca mobil depan sebelah sopir sebelah kanan dalam keadaan pecah, kemudian S1 memberitahukan kejadian tersebut, Selanjutnya pelapor menghubungi S2 tentang kejadian tersebut, selanjutnya hal tersebut dilaporkan Ke Polres Pemalang.

Hasil pemeriksaan bahwa pelaku berjumlah 6 orang dan yang berhasil diamankan 4 orang. 2 orang eksekutor yang mengendarai sepeda motor jenis yamaha jupiter MX warna biru berhasil meloloskan diri. Untuk terduga pelaku yang berstatus anak msh dlm proses riksa oleh unit ppa.
Hasil pengembangan diakui tkp di purbalingga dengan hasil uang 34 juta.

Barang bukti yaitu 1 (satu) buah paku berbentuk U yang depannya runcing. Menurut Kasat Reskrim AKP R. HARYO S.L, S.H.,M.Krim, direncakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi, melakukan penyitaan BB dan membuat BA sita, melakukan pemeriksaan tersangka,
mengirim tembusan Sprin.Kap dan Sprin.Han pada Keluarga, membuat berkas perkara dan kirim SPADAP dan berkas ke JPU. (Red-HJ99/Joko).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here