Operasi Lilin Candi 2016, Polres Demak Fokus Buru Teroris

4
Suasana aprl lalin candi 2016

Demak, Harianjateng.com – Bertempat di halaman Mapolres Demak, Kapolres Demak AKBP Sony Irawan  S.IK MH pimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2016, Kamis (22/12/2016) dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dalam kesempatan itu, salah satu hal yang menjadi fokus penuntasakan kejahatan di Demak adalah terorisme sesuai dengan amanat Polri.

 

Bertindak selaku komandan apel AKP Umbar Wijaya,SH Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2016 ini diikuti oleh beberapa instansi antara lain dari Kodim 0716/Demak,Pleton Satlantas Sat Sabhara Gabungan Polsek Gabungan Staf Satpol PP Dinas Perhubungan,Senkom serta Banser Perwakilan Tokoh Agama.

 

Kekuatan lintas institusi dan instansi diharapkan mampu melakukan pengamanan hingga Tahun Baru di wilayah Hukum Polres Demak. Hadir dalam gelar pasukan tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Demak, tokoh agama serta tokoh masyarakat Kabupaten Demak.

 

 

Dalam Gelar Pasukan ini Pimpinan apel AKBP Sony Irawan  S.IK MH membacakan amanat Kapolri. “Apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan kita dalam melaksanakan operasi pengamanan perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017, baik pada aspek personel, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti tni, pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. hadirin dan peserta gelar pasukan yang saya hormati, perkembangan dunia global yang ada saat ini, masih diwarnai dengan beberapa aksi teror yang berlangsung di beberapa tempat. konflik berkepanjangan di sebagian negara juga masih terjadi disertai trend perlambatan ekonomi yang melanda dunia internasional. langsung maupun tidak langsung, berbagai kejadian tersebut akan berimplikasi terhadap kondisi keamanan dalam negeri. aksi teror masih terjadi seperti halnya kejadian di samarinda dan 3 singkawang,” katanya.

 

Meskipun beberapa aksi teror dapat digagalkan dengan baik oleh aparat beserta elemen terkait lainnya, lanjut dia, namun ancaman ini dipercaya masih akan terus berlangsung. “Di samping itu, dinamika kehidupan nasional yang terjadi beberapa bulan terkahir, juga menunjukkan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi, baik inter maupun antar agama. menjadi lebih kompleks, karena kejadian tersebut berlangsung ditengah suasana peningkatan suhu politik yang terjadi sebagai akibat dari pelaksanaan pilkada serentak 2017,” beber dia.

Berbagai hal tersebut, kata dia, menjadi tantangan tugas bagi polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah natal 2016 dan perayaan pergantian tahun 2017.

 

“Hadirin dan peserta gelar pasukan yang saya hormati, perayaan natal dan tahun baru merupakan moment berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di indonesia. karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi massa ditempat tertentu, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, 4 bandara udara, terminal dan tempat – tempat lainnya,” lanjut dia.

 

Mengakhiri sambutannya kapolres Demak AKBP Sony Irawan  S.IK MH mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi  aktif dalam apel gelar pasukan operasi lilin- 2016 ini.  Semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah saudara/saudari sekalian di hadapan tuhan yang maha esa. “Pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan selamat Hari Natal 2016 bagi yang merayakan, dan selamat tahun baru 2017, semoga di tahun baru kita semua dapat berkarya lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, selamat bertugas dan semoga sukses” tutup Kapolres.(Red-HJ99/pdm).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here