Ini Pesan Kasi Humas Polsek Warungpring pada Nurdin MZ

13
Akbar

Pemalang, Harianjateng.com – Kasihumas Polsek Warungpring Polres Pemalang Aipda Murdiyat sambangi rumah Nurdin Mz, Ayah Kandung  dari ABK Kapal “Chin Jin Ming”  Akbar Buchari,  di Jalan Merbabu Rt 01 Rw 14 Kelurahan Mulyoharjo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Selasa (27/12/2016) malam.

 

Kondisi rumah rumah Nurdin Mz, sangat memprihatinkan terletak dipinggir sungai dekat makam Darma Pralaya Kelurahan Mulyoharjo dengan dinding rumah terbuat dari bambu dan ukuran 3×8 meter.

Kedatangan Murdiyat kali ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan moril kepada keluarga Akbar Buchari, yang saat ini sedang ditahan oleh Kepolisian Senegal karena diduga terlibat kasus perkelahian di Kapal pada malam tanggal 6 Agustus 2016 yang mengakibatkan meninggalnya ABK Jin Kyong Il dari Korea Utara.

Saat ditemui Nurdin dengan raut muka sedih menceritakan tentang anaknya Akbar Buchari, Nurdin mengatakan bahwa Akbar adalah anak ke 7 dari 10 bersaudara, sejak kecil Akbar adalah anak yang taat beribadah dan tidak suka berkelahi. Setelah menginjak dewasa Akbar ingin membahagian keluarganya karena itu dia ijin kepada Nurdin untuk pergi bekerja di kapal untuk menjadi ABK,  agar ekonomi keluarganya menjadi lebih baik.

Lebih lanjut Nurdin bercerita bahwa Akbar saat itu ikut pengiriman dari PT Mutiara Jasa Bahari (Jasa penyalur tenaga kerja ke Luar Negeri) yang beralamat di Jl RE Martadinata Gg Bandeng N0. 7 Pelutan Pemalang dengan Direktur Utama Tohari, pada tanggal 3 oktober 2015, selama di Kapal dia menerima kabar tentang Akbar hanya melalui temannya, sampai pada 9 Agustus 2016 Nurdin mendapat kabar dari Pihak PT Mutiara Jasa Bahari bahwa Akbar Buchari telah ditahan oleh Kepolisian Senegal karena terlibat kasus perkelahian yang mengakibatkan meninggalnya ABK Jin Kyong Il dari Korea Utara.

Selama bekerja di Kapal keluarga belum mendapatkan kiriman gaji dari anaknya Akbar Buchari, dan sampai sekarang keluarga belum mendapat kabar lagi tentang keadaan dan kondisi Akbar Buchari selama ditahan di Negera Senegal dan dari Pihak PT Mutiara Jasa Bahari hanya meminta keluarga untuk bersabar.

Nurdin berharap agar Pemerintah Indonesia mau membantu dan memulangkan anaknya Akbar Buchari ke Tanah Airnya dan untuk proses hukum Nurdin berharap Anaknya diproses di Indonesia.

Setelah mendengar cerita dari Nurdin, Murdiyat meminta keluarga untuk tabah dan selalu mendoakan keselamatan dari Akbar Buchari,  dan mengenai  keberadaan dan  kondisi Akbar Buchari, Murdiyat akan meminta pihak terkait terutama PT  Mutiara Jasa Bahari untuk segera menghubungi KBRI  yang berada di Dakar Senegal. (Red-HJ99/Joko L).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here