Munoto Lolos Jadi Sekdes Tumbal, Ini Kisahnya!

0
Munoto , baju kemeja putih sedang menjalini ujian sekdes

Pemalang, Harianjateng.com – Bertempat di Balai Desa Tumbal, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (28/12/2016) Munoto(42) tahun yang sehari-hari menjabat sebagai plt sekdes Tumbal selama 1,5(satu setengah) tahun harus merasakan capai, tegang, dan kelihatan sangat kecapaian hal tersebut terjadi karena sedang mengikuti ujian pengangkatan sekertaris Desa Tumbal.

 

Ujian yang dimulai dari pukul:09.00 wib dan baru selesai pada pukul: 21.00wib dengan rentan waktu 12(dua belas) jam dan jumlah peserta hanya satu orang, mungkin baru pertama kali terjadi di Kabupaten mungkin dan akhirnya Wanoto dinyatakan LULUS menjadi sekdes desa Tumbal dengan Skor 7,1.

Kepala Desa Tumbal Lisdiayana Yusup diwawancarai seusai mengumumkan hasil seleksi internal menyampaikan,” kami dan tim seleksi internal/penguji, panitia lainnya tidak main-main dalam menyeleksi calon sekdes, lebih baik menggunakan waktu yang lama tapi hasilnya maksimal walaupun sdr. Munoto selama ini menjabat Plt. Sekdes, tetap kami uji sesuai dengan prosedural, desa Tumbal ingin mendapatkan perangkat Desa yang kualitasnya bagus, ulet, dan kemampuannya di atas rata-rata dan akhirnya sdr. Munoto dinyatakan lulus dengan nilai 7,1,” jelasnya.

Terkait dengan seleksi internal, ketua BPD ( Badan Permusyawarahan Desa) Tumbal Warto Joyo, SH yang juga ketua pantia ketika di wawancara mengatakan,” seleksi internal menggunakan batas kelulusan yaitu: nilai ujian tertulis dan ujian praktek digabungkan kemudian hasilnya dibagi dua,” terangnya.

Terkait masalah materi ujian, Joyo mengatakan materi ujian sekdes meliputi¬† UUD’45, Pancasila, Pengetahuan umum tentang pemerintahan, Pengetahuan umum tentan Pemerintahan Desa, sedangkan materi ujian praktek meliputi : pengoperasian Kompiuter, membuat surat menyurat, membuat perdes, perkades, keputusan kades, RKPDesa, LPPDesa, pidato mengenai pemerintahan umum, contoh memimpin rapat, serta penyuluhan di bidang pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan.

Sedangkan mengenai penilaian, Joyo memberikan penjelasan, materi ujian tertulis : jika jawaban benar nilainya 10(sepuluh) dan jika salah nilainya 0( Nol), misal : jumlah soal 50, dan kerjakan dengan benar 30, maka nilanya: 30×10=300:50 = 6( enam), sedangkan mengenai ujian praktek di jabarkan oleh Joyo nilainya misal; ketrampilan kompiuter =6, Penguasaan Materi=6, Mental=6, Gaya Bahasa dan Penyampain =6, sistematis=6 kemudian nilanya ditotal kemudian dibagi 5(lima) hasilnya =6(enam). Selanjutnya untuk hasil akhir akan dijumlah Nilai test tertulis=6 ditambah nilai praktek =¬†Munoto(42) thn plt sekdes 1,5 tahun. (Red-HJ99/Joko L).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here