Kodim Blora Budidaya Cabai

5

Blora, Harianjateng.com – Dalam rangka memotivasi Masyarakat untuk Mandiri pangan. Sejumlah 15 Koramil jajaran Kodim 0721/Blora secara serentak melaksanakan pengolahan tanah dalam polybag dengan pola organik untuk tanaman cabai, pada hari ini, Senin (9/01/2017).

 

 

“Kegiatan tersebut tidak lanjut perintah Panglima TNI dan Kasad, Sesuai Hasil Rakor Evaluasi Bidang Ketahanan Pangan di Jakarta pada tgl 5 dan 6 Januari 2017 yang lalu,” papar Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos.

 

“Seluruh Prajurit TNI AD diwajibkan Menanam Cabai Merah/Hijau atau jenis apapun,” lanjutnya.

 

 

Dandim Blora Letkol Inf Susilo, S. Sos melalui Pasiter Kodim Blora Kapten Inf Surana menghimbau kepada anggota agar kegiatan pengolahan tanah dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pengolahan, dimana tanah yang digunakan untuk media tanam adalah tanah terletak di bawah pohon bambu. Sementara untuk bahan campuran tanah diantaranya adalah sekam padi dan kotoran ayam. Perbandingan tanah, sekam dan kotoran ayam adalah 1 : 1 : 1 Jelas Pasiter

 

 

Sistem pengolahannya adalah mencampurkan seluruh bahan-bahan yang disediakan tadi menjadi satu kesatuan yang utuh, kemudian baru dimasukkan ke dalam 75 polibek yang sudah disiapkan sebelumnya dan siap untuk dijadikan media tanam.

 

Secara terpisah Danramil Kedungtuban Kapten Inf Darmanto menambahkan, untuk menanam cabai di dalam pot atau polybag relatif lebih mudah untuk dilakukan. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.

 

“Salah satu cabai yang paling cocok untuk ditanam di pekarangan rumah adalah jenis cabai rawit dan cabai keriting. Jenis cabai ini sangat cocok untuk ditanam di iklim tropis dan rasanya pedas juga disukai oleh banyak orang,” beber Danramil Kedungtuban. (Red-HJ99/pdm).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here