Petani Waru Demak Hadang Gubernur Jateng

8
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan bawah) saat melihat sungai di Demak, Rabu (18/1/2017).

Demak, Harianjateng.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan Road Show atau kunjungan kerja di Demak, Jepara, Pati dan Rembang Jawa Tengah, Rabu (18/01/2017). Saat melintas jalur alternatif di Desa Waru, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Ganjar dihadang beberapa petani setempat. Mereka memasang spanduk bertuliskan “Pak Gubernur Tolong Segera Dinormalisasi Sungai Ini karena Sering Banjir”.

 

 

Sementara itu, usai berdialog dengan warga, pada wartawan, Ganjar mengatakan, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana mestinya cepat membereskan persoalan tersebut. Sebab sungai mengalami penyempitan yang berdampak melimpahnya air ke jalan raya dan lahan pertanian. “Maka saya minta Kepala Desanya mengajukan ke Dinas PU atau PSDA Kabupaten atau ke BBWS. Saya minta mereka (warga) terlibat, tapi ya saya tetap bantu. Tapi BBWS sudah ditelepon, hari ini katanya mau ngirim alat berat (ke Desa Waru),” jelas Ganjar Pranowo.

 

Adanya warga yang membentangkan spanduk dan menghentikan laju mobil iring-iringan Gubernur, menurut Ganjar, ada prosedur penyerapan dan penyampaian aspirasi yang tak dilakukan oleh pihak pejabat terkait di daerah setempat. “Proses politik dalam menyampaikan aspirasi nampaknya belum sampai bawah, maka mereka belum tahu laporan ke mana dan kapan dieksekusi. Tugas dari pemerintah memastikan, kalau belum bisa sekarang nggak apa-apa, tapi dipastikan, tahun depan misalnya,” kata mantan anggota DPR RI itu.

 

 

“Tapi saya senang minimal masyarakat peduli dengan kondisi lingkungannya,” sambung politikus PDI Perjuangan tersebut.

 

Usai dari Mranggen, Ganjar melanjutkan kegiatan roadshow ke Kecamatan Karangawen Demak dalam rangka untuk meninjau hasil kegiatan pengadaan dan pemasangan pipa distribusi air bersih Ibu Kota ( Bankeu TA.2016 senilai Rp. 3 Milyar ) di desa di Ds. Tlogorejo Kec. Karangawen Kab. Demak

 

Dalam giat kunjungan tersebut Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo,SH,MIP beserta rombongan yang didampingi oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Kapolres Demak AKBP Soni Irawan, SIK, Sekda Demak dr Singgih Setiyono,MMR, Asisten II Kab. Demak Windu Sunardi serta Dandim 0716/Demak yang diwakilkan oleh Danramil 13 Karangawen Kapten Inf Edy Suwarsono.

 

Sesampainya di Ds. Tlogorejo kemudian Gubernur Jateng langsung melakukan peninjauan di titik nol pemasangan pipa distribusi air bersih Ibu Kota yang terletak tepat di pertigaan Ds. Tlogorejo Kec. Karangawen dengan didampingi oleh Camat Karangawen M. Syahri SH,MH beserta Petugas dari PDAM Kab. Demak

 

Adapun dalam perjalanan menuju ke Wilayah Kec. Karangtengah tersebut pada saat rombongan sampai di jalur perlintasan / Rel Kereta Api di Dk. Tlogotirto Ds. Tlogorejo Kec. Karangawen, Gubernur Jateng menyempatkan diri untuk melihat adanya informasi jika pipa PDAM yang berada di bawah perlintasan Rel Kereta Api tersebut telah di potong oleh seseorang tanpa sepengetahuan dari pihak PDAM, ( dari informasi yang yang berkembang bahwa pemotongan pipa PDAM tersebut dilakukan oleh pihak dari PJKA ), kemudian selesai melakukan pengecekan pipa PDAM tersebut selanjutnya Gubernur Jateng langsung melanjutkan perjalanan untuk menuju ke wilayah Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak. (Red-HJ99/pdm).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here