Kodim Demak Panen Padi Perdana

3
162
Doa mengawali panen perdana

Demak, Harianjateng.com – Pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2017, pukul 09.00 WIB, telah dilaksanakan Panen Padi Perdana MT-1 Upsus tahun 2017, di Desa Poncoharjo, Kec. Bonang, Kab. Demak wilayah Kodim 0716/Demak dengan jenis padi Ciherang .

Acara dihadiri sekitar 200 orang, terdiri dari: Danramil 02/Bonang Kapten Inf Eko Juhartono, Dinas Pertanian dan Badan Ketahanan Pangan, dan bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani di daerah.

Hadir pula pada kegiatan Panen kali ini: Wakil Bupati Demak Drs.Joko Sutanto, Dandim 0716/Demak yang diwakilkan oleh Pasiter Kodim 0716/Demak Kapten Inf Mulyadi, Kapolres Demak diwakili Waka Polres Kompol Sulasno, Koordinator Upsus Wilayah RAJA PAKDE (Rembang,Jepara,Pati,Kudus,Demak) Ir.Djayadi Gunawan, Kajari Demak, Kadispertan Ir. Wibowo MM, Muspika dan kepala desa se-Kec.Bonang, Gapoktan Panca Jaya serta Kelompok Tani Sumber Makmur.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak Ir.Wibowo menyampaikan Panen perdana dengan lahan seluas 4 hektar dengan hasil per hektar 8,64 Ton ini merupakan awal dari kegiatan – kegiatan panen yang ada. Dengan adanya panen perdana ini dapat memberi motivasi kepada para kelompok tani lainnya untuk lebih meningkatkan hasil panennya. Terkait dengan keluhan masyarakat mengenai pendistribusian  pupupk maka pemerintah telah berupaya memberikan pupuk bersubsidi karena pupuk merupakan sarana penunjang untuk peningkatan panen yang baik di kabupaten Demak.  Oleh sebab itu   sangat diharapkan peran TNI terutama Kodim 0716/Demak dalam upaya khusus untuk mengawasi Subsidi pupuk agar sampai pada tempatnya yang saat ini Babinsa sudah mulai akrab dengan petani.
Sementara itu perwakilan Kodim 0716/Demak Kapten Inf Mulyadi menyampaikan kegiatan ini merupakan Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan dalam rangka ikut serta mempertahankan ketahanan pangan Nasional, sehingga keberhasilan Kelompok Tani di Desa Poncoharjo Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, dalam panen tersebut tidak lepas dari peran Babinsa setempat beserta Tim Penyuluh Pertanian yang secara sukarela mencurahkan tenaga serta pikirannya dalam mendampingi Kelompok Tani menggarap lahan pertaniannya.

Ketua Kelompok Tani juga mengucapkan terimakasih kepada Babinsa karena mampu memberikan pengaruh besar dalam membantu meningkatkan semangat dan rasa percaya diri para Petani.(Red-HJ99/pdm).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here