PGSD UM Purworejo Gelar Pelatihan Guru SD

0
69

Purworejo, Harianjateng.com –  Bertempat di SD Muhammadiyah Purworejo, Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo melakukan pengabdian masyarakat sebagai wujud pelaksanaan catur dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu Pengembangan ilmu pengetahuan, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat dan Penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang bersumber pada Al Qur’an dan As Sunnah, pada 6 Februari 2017.

 

Adapun pengabdian masyarakat yang digalakkan berupan pendampingan pembelajaran berbasis kontekstual dan pelatihan Microsoft Power Point Interaktif bagi guru SD Muhammadiyah Purworejo beserta siswanya. Tujuan dari pengabdian ini adalah sharing pembelajaran berbasis kontekstual di alam semesta sekaligus penerapannya kepada siswa. Sehingga mendapatkan pengalaman pembelajaran di alam sekitar sesuai materi yang sedang dipelajari dan diharapkan pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna dan menyenangkan.

 

Agenda pembelajaran dalam pengabdian kali ini dilakukan dengan metode outbond di sekitar pemancingan Desa Sidorejo Purworejo untuk kelas 4 dan 5 serta mengambil lokasi pabrik nata de coco untuk kelas 3. Dimulai dengan dibentuk kelompok yang kemudian masing-masing diharuskan menyelesaikan penugasan pada setiap pos yang dilewatinya. Beberapa pos yang disiapkan seperti materi IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia. Dan setiap kali menyelesaikan penugasan berupa proyek pada pos tersebut dilanjutkan dengan presentasi hasil kerja kelompoknya. Sehingga menyelesaikan semua pos yang berakhir pada lokasi pemancingan dan pabrik nata de coco tersebut.

 

“Materi yang dibedah dalam kegiatan outbond ini dari bidang matematika yaitu terkait bangun, ruang dan pecahan. Materi Bahasa Indonesia terkait puisi dan menulis karangan. Sedangkan untuk IPA terkait magnet, energy dan optik” ungkap Nur Ngazizah, S.Si., M.Pd. selaku Ketua Pengabdian Masyarakat.

 

Dalam kegiatan ini, turut serta Dosen PGSD UMP, Guru SD Muhammadiyah Purworejo mendampingi pelaksanaan pembelajaran siswa-siswi tersebut. Terlihat begitu gembira dan cerianya siswa mengikuti setiap tahapan alur kegiatan. Antusiasme yang tinggi, kreatif dalam inovasi proyeknya dan kerjasama tim yang kompak.

 

“Pengabdian masyarakat ini memberikan refreshing pembelajaran yang kontekstual bagi siswa-siswi SD Muhammadiyah Purworejo yang tidak hanya secara klasikal tetapi juga dengan outdoor di alam terbuka. Semoga kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan pada semester depan secara berkesinambungan” ujar Supriyanto, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Purworejo.

 

“Pelatihan Microsoft Power Point Interaktif bertujuan agar guru bisa paham terhadap teknologi. Sehingga pembelajaran ke depan berbasis teknologi informasi dan komputer bisa dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah Purworejo. Karena perkembangan pendidikan dan pembelajaran tidak bisa terlepas dari teknologi informasi dan komputer. Guru pendidik SD Muhammadiyah Purworejo juga harus tanggap dan adaptif terhadap perkembangan ini” ungkap Suyoto, M.Pd. selaku Koordinator untuk pelatihan TIK ini

 

Pendampingan pembelajaran berbasis kontekstual dilaksanakan dari pukul 07.00-10.00 WIB dan dilanjutkan pukul 10.30-15.00 WIB untuk pelatihan Microsoft Power point interaktif.

 

“Kami rencanakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan rutin setiap semester dengan tema sesuai kebutuhan sekolah yang menjadi tempat. Sehingga semoga bisa bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di sekolah dasar khususnya” tutup Titi Anjarini, M.Pd. Kaprodi PGSD UMP. (Red-HJ99/Hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here