Babinsa Kodim Demak Sukseskan Swasembada Pangan

6

Demak, Harianjateng.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) mendampingi kelompok tani untuk melakukan panen padi serentak MT 1 di Desa Mrisen, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah pada  Selasa (07/2/2017).

 

Danramil 03/Wonosalam Kapten Inf Dony F.X Visma mengatakan pihaknya perintahkan Babinsa Sertu Kaelani dan Serma Sunarto bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi kelompok tani untuk memanen padi di Desa Mrisen, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak Jawa Demak, seluas 5 hektare.

 

“Turunnya Babinsa di sawah bersama PPL diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas panen padinya,” katanya.

 

Menurut dia, kegiatan panen padi tersebut merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian  babinsa dalam menyukseskan progam swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

 

Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Inf Agung Udayana, mengatakan pihaknya bersama Dinas Pertanian Demak bertekad memaksimalkan penyerapan gabah dan areal tanam, bahkan beberapa hari yang lalu bersama Kepala Bulog Divre, Djoni Nur Ashari sudah mengecek beberapa lahan yang siap panen padi,akan tetapi masih banyak kendala yang dihadapi diantaranya masalah jatuhnya harga gabah petani,mendorong Bulog melakukan pembelian gabah petani serta koordinasi dengan intansi terkait.

 

Sementara Ketua kelompok tani  Samingun menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani secara penuh sejak penanaman hingga masa panen.

 

“Apa yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara teknis oleh Babinsa bersama PPL. Pada panen saat ini dengan menggunakan penghitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya,” katanya.

 

Ia mengatakan panen sebelumnya per hektare menghasilkan sekitar 7 ton, kini diperkirakan bisa mencapai sekitar 7,5 ton per ha.(Red-HJ99/pdm).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here