Koramil Demak Kota Kawal Bulog Serap Gabah

0

Demak, Harianjateng.com – Dalam rangka mempercepat penyerapan gabah di tingkat petani, Bulog diminta turun langsung ke sawah di beberapa daerah panen raya.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi tengkulak yang biasanya mempermainkan harga di pasaran. Demikian disampaikan Dandim 0716/Demak melalui Danramil 01 /Demak Kota Kapten Arm Kartiyo saat melihat permasalahan para petani di Dukuh Cangkring,Desa Mulyorejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jum’at pagi (10/02/2017).

 

”Bulog harus mau turun ke lapangan untuk membeli gabah petani. Gabah yang langsung masuk bisa meminimalisir tengkulak. Saya minta tolong para Babinsa agar dapat mengawal produksi pertanian. Kalau Bulog tidak mau beli gabah petani coba dicek, alasannya apa. Kalau perlu difoto, apakah benar karena kualitasnya atau karena hal lain,” ucapnya.

Sukartiyo juga meminta agar Bulog dapat memberikan harga pantas kepada para petani. Sebab, menurutnya, kualitas produksi baik harus diimbangi dengan harga yang baik sehingga petani bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak dibanding transaksi dengan tengkulak. ”Bulog harus bisa menampung produksi petani ini,” tegas Kartiyo di depan para petani dan sejumlah Babinsa.

Selain meminta Bulog turun langsung ke petani lantaran adanya keluhan harga gabah yang murah, Kartiyo juga siap membantu persoalan panen  yang bersamaan di wilayah Demak karena kekurangan tenaga pemanen padi (Pengedos red). ”Kami akan berusaha membantu apa yang menjadi keluhan petani. Mudah-mudahan secepatnya bisa ada solusi,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil kepala Sub Drive 1 Jateng Eka Prasetyo Sofyan menyatakan siap menampung hasil produksi gabah para petani.

Menurutnya, gabah yang disimpan di gudang bukan untuk Bulog, melainkan untuk masyarakat sebagai antisipasi ketahanan pangan. ”Bukan berarti gabah yang masuk ke kami itu gabah jelek. Ketahanan negara harus diiringi dengan ketahanan pangan. Kalau negara tanpa pangan maka akan terpuruk,” jelasnya.

Dengan disaksikan kelompok Tani Pangudi Mulyo,Kabulog Demak Bapak Sartono,Kades Mulyorejo Bpk H.Sutarman S.I.P dan Danramil 01 Demak Kapten Arm Sukartiyo, Eka Prasetyo  menyatakan siap melawan tengkulak demi melindungi para petani. ”Kami siap menampung beras para petani. Kalau gudang kami tidak muat, akan saya sewakan lagi. Petani adalah pahlawan, bagaimanapun caranya jangan dikasih ke tengkulak. Langsung ke Bulog. Tengkulak kita lawan,” serunya. (Red-HJ99/pdm).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here