Tombol SOS “Punic Button” Dikenalkan pada Masyarakat

0
61

Pemalang, Harianjateng.com – Kejahatan terjadi secara mendadak dan tak kenal waktu, masyarakat kadang merasa bingung saat memerlukan bantuan Polri untuk menangkap pelaku kejahatan tersebut,  oleh karena itu Polda Jawa Tengah dalam rangka peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah kepada masyarakat berbasis teknologi informasi meluncurkan sebuah terobosan kreatif yaitu “Smile Police” dan salah satunya adalah aplikasi Punic Button.

Untuk mensukseskan Aplikasi tersebut telah diluncurkan Kapolri bersama Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono pada 4 Februari 2017 di Polda Jawa Tengah tersebut Polsek Warungpring Polres Pemalang gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat terutama tempat-tempat yang rawan terjadinya tindak kejahatan, seperti yang dilakukan oleh Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Polsek Warungpring Aipda Ibnugroho saat menyambangi sebuah minimarket yang ada di wilayah kecamatan warungpring, kamis (09/02/2017).

Dikatakan oleh Ibnugroho kepada pelayan salah satu minimarket tersebut bahwa Polda Jawa Tengah telah meluncurkan aplikasi Punic Button Public Panic Button adalah aplikasi yang bisa diakses melalui HP andoid yang berfungi apabila ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan masyarakat menggunakan aplikasi tersebut secara cepat akan terhubung dengan polisi terdekat dengan memencet tombol SOS pada Apilkasi Punic Button. Dengan memencet tombol SOS tersebut maka polisi yang terdekat yang sudah memiliki aplikasi Punic Button pada Hpnya  akan  berbunyi dan menyala warna merah artinya ada warga yang membutuhkan bantuannya. Selanjutnya  polisi terdekat memproses aduan tersebut maka akan menyala warna kuning yaitu proses reaksi cepat. Kemudian apabila masalah tersebut sudah tuntas maka akan menyala warna hijau yang artinya selesai.

Ibnugroho menjelaskan Aplikasi ini bisa diakses melalui handphone (HP) android dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi tersebut di Google Playstore setelah lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi email aktif, nomor HP dan alamat, Aplikasi ini sudah terhubung secara langsung dengan sistem di Polda Jawa Tengah. Jadi apapun kegiatan yang dilaksanakan oleh pengguna akan terbaca oleh Polda Jawa Tengah dan Polres Pemalang di ruangan Commad Center.

Saat ditemui pada tempat terpisah Kapolsek Warungpring Akp Prisandi Tiar menerangkan bahwa Aplikasi Punic Button ini sudah Running untuk jajaran Polres Pemalang. “Silahkan saudara-saudaraku seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang untuk mengunduh aplikasi Public Panic Button, aplikasi ini adalah untuk memudahkan masyarakat melaporkan suatu kejadian emergency di lingkungan sekitar, caranya hanya dengan menekan tombol SOS tiga kali maka polisi terdekat akan segera mendatanginya,  Public Panic Button ini tingkat keakurasiannya tinggi karena terhubung dengan GPS maka jangan berpikiran polisi nanti salah mendatangi tempat kejadian perkara,” pungkas AKP Prisandi.

“Kegiatan ini sosialisasi ini akan kami laksanakan secara continue atau rutin agar semua lapisan masyarakat menjadi tahu kemudian paham juga merasa aman, nyaman dan semakin yakin bahwa dengan kehadiran program unggulan dari Polri yakni Smile Police, masyarakat merasa terayomi dan terlindungi” pungkasnya. (Red-HJ99/Joko L).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here